Tafakur

Pemborosan

Sesungguhnya orang orang yang boros adalah saudara saudara setan, sedangkan setan adalah makhluk yang sangat i

Pemborosan

Oleh: Jarjani Usman

Sesungguhnya orang orang yang boros adalah saudara saudara setan, sedangkan setan adalah makhluk yang sangat ingkar kepada Tuhannya (QS. al Israa: 27).

Sudah lumrah di penghujung tahun, banyak program pembangunan dilaksanakan secara mendadak. Pelatihan pegawai, misalnya, dilaksanakan serba mendadak. Pembangunan fisik pun dipacu dengan cara mendadak. Semuanya terpaksa atau dipaksakan terlaksana, sehingga kualitasnya sangat patut dipertanyakan.

Pembangunan hasil dadakan berpeluang berkualitas rendah. Rendahnya kualitas program pembangunan akibat serba mendadak, bisa dikatakan sebagai suatu pemborosan. Alasannya, yang lebih dipentingkan adalah bagaimana uang yang ada bisa dihabiskan. Bukan bagaimana segala sumberdaya yang ada, mulai dari uang, pikiran, waktu, dan sebagainya, bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat.

Kita tahu hidup boros adalah perilaku saudaranya setan. Namun hal itu malah dilakukan berulang kali, seperti program program dadakan akhir tahun. Berulangkalinya terjadi hal yang sama seakan mengisyaratkan bahwa boros sudah menjadi bagian tak terpisahkan
dari pola hidup.

Yang penting diingat, perilaku seperti itu bukan tidak diminta pertanggungjawaban. Kata Rasulullah SAW, setiap insan akan diminta mempertanggungjawabkan penggunaan segala sumberdayanya sewaktu di dunia.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help