SerambiIndonesia/

Tafakur

Memilih Dengan Doa

Aslam, jangan jerumuskan aku ke neraka. Engkau akan menggantikan aku memikul beban ini, apakah kau pikir kau akan mau

Memilih Dengan Doa

Oleh: Jarjani Usman

“Aslam, jangan jerumuskan aku ke neraka. Engkau akan menggantikan aku memikul beban ini, apakah kau pikir kau akan mau memikul beban di pundakku ini di hari pembalasan kelak?” (Khalifah Umar bin Khattab).

Meskipun sudah menentukan pilihan tentang siapa calon pemimpin yang akan dipilih, tak sebaiknya kita mengabaikan doa. Apalagi apa yang kita tahu dan lihat secara kasat mata tentang seseorang calon pemimpin, belum tentu sepenuhnya demikian. Allah maha tahu segalanya, termasuk tentang siapa pemimpin yang baik untuk kita umatnya.

Menyadari keterbatasan diri kita sendiri dan kemahatahuan Allah, sepantasnya kita bergantung kepadaNya. Kita perlu bersungguh-sungguh berdoa dengan penuh harap agar Allah memberikan calon pemimpin yang baik. Suatu negeri yang dipimpin oleh orang yang bertaqwa, insya Allah tidak akan senang hatinya kalau negerinya dikontaminasi dengan berbagai kemaksiatan.

Pemimpin yang bertaqwa akan sangat takut kepada Allah, bila melakukan hal-hal yang mendatangkan murka Allah. Pemimpin yang bertaqwa merasa dirinya sangat bertanggung jawab terhadap keadaan rakyatnya. Sebagaimana Umar bin Khattab r.a. yang giat mengunjungi rakyatnya dengan cara menyamar di malam hari, untuk melihat keadaan rakyat yang sesungguhnya. Bahkan, tatkala mendapati rakyatnya sedang kelaparan, beliau langsung memberi bantuan pangan dengan memikul sendiri karung gandum, tanpa membolehkan sahabatnya Aslam untuk memanggulnya.

Tentunya siapapun rindu akan pemimpin demikian, yang begitu responsif terhadap rakyatnya. Mudah-mudahan kita memperoleh pemimpin yang bertaqwa, sehingga dengan memilihnya berarti ikut membantu rakyat banyak.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help