SerambiIndonesia/

Pilkada 2017

Mualem-Irwandi Bersaing Ketat

Hingga pukul 23.00 WIB tadi malam, tidak ada satu pun lembaga resmi yang merilis data sementara hasil Pemilihan Gubernur

Mualem-Irwandi Bersaing Ketat - muzakir-manaf-ta-khalid-bersama-sejumlah-ketua-partai-koalisi_20170216_113341.jpg
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh, Muzakir Manaf-TA Khalid bersama sejumlah ketua partai koalisi, tim pemenangan, dan relawan mengangkat tangan usai konferensi pers di Posko Kemenangan pasangan itu di Jalan T Nyak Arief, Banda Aceh, Rabu (15/2/2017) malam. SERAMBI/M ANSHAR
Mualem-Irwandi Bersaing Ketat - irwandi-yusuf-nova-iriansyah-yang-bertarung-dalam-pilkada-aceh-2017_20170216_113441.jpg
Calon gubernur Aceh, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah yang bertarung dalam Pilkada Aceh 2017 menggelar konferensi pers di Kantor DPD Partai Demokrat, di Lueng Bata, Banda Aceh, Rabu (15/2) malam. SERAMBI/BUDI FATRIA

* Desk Pilkada Sulit Diakses

* Tim Pemenangan Saling Klaim

BANDA ACEH - Hingga pukul 23.00 WIB tadi malam, tidak ada satu pun lembaga resmi yang merilis data sementara hasil Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Aceh 2017. Tiga lembaga yang disebut-sebut melakukan penghitungan yaitu Desk Pilkada Setda Aceh, Polda Aceh, dan Kodam Iskandar Muda, juga tidak merilis hasil penghitungan sementara.

Data yang dihimpun Serambi dari berbagai kabupaten/kota di Aceh --baik dari hasil observasi wartawan maupun dari Desk Pilkada--menunjukkan adanya persaingan ketat perolehan suara sementara pasangan nomor urut 5 Muzakir Manaf-TA Khalid dengan pasangan nomor urut 6 Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah.

Selain data yang dihimpun Serambi di lapangan, tadi malam kedua pasangan ini juga menggelar konferensi pers dalam waktu hampir bersamaan.

Dalam konferensi pers di Balai Pemenangan Mualem-TA di Lampriek, Banda Aceh, Mualem menyebut 12 kabupaten/kota sebagai penyumbang kemenangan sementara untuk mereka yaitu Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Pidie Jaya, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Pidie, Sabang, Simeulue, Aceh Barat, Nagan Raya, dan Abdya. (Lihat; Mualem Klaim Menang).

Sedangkan pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah, dalam konferensi pers di Kantor DPD Partai Demokrat Aceh, kawasan Lueng Bata, Banda Aceh membeberkan perolehan suara sementara yang mengungguli lima pasangan lainnya. (Lihat; Irwandi Paparkan Angka Lebih Tinggi).

Suara yang mendominasi, menurut Irwandi tercatat sementara di Kota Banda Aceh, Aceh Besar, dan Bireuen. Namun dalam keterangan tambahannya kepada Serambi melalui chating WA, Irwandi juga menyebutkan beberapa daerah lainnya seperti Langsa, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Subulussalam, Singkil, dan Tamiang.

Di luar itu, sejumlah kabupaten/kota lainnya yaitu Simeulue, Nagan, Abdya, Sabang, Aceh Barat, dan Pidie sama-sama diklaim--baik oleh Mualem maupun Irwandi--sebagai daerah penyumbang kemenangan untuk mereka.

Dari Desk Pilkada Abdya, Serambi memperoleh data sementara hingga pukul 19.30 WIB, Rabu (15/2), paslon nomor urut 1, Tarmizi Karim-T Machsalmina Ali unggul sementara perolehan suara dengan jumlah 10.903 suara (10,65 persen). Dibayangi paslon nomor urut 5, Muzakir Manaf-TA Khalid 10.489 suara (10,25 persen) dan nomor urut 6, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah 9.572 suara (9,35 persen).

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help