SerambiIndonesia/

Pilkada 2017

Suaidi Raih Suara Terbanyak

Sementara hasil rekap surat suara yang dirilis Desk Pilkada Pemko Lhokseumawe, Kamis (16/2), pasangan calon

Suaidi Raih Suara Terbanyak
Suaidi Yahya bersama Tim pemenangannya saat mengklaim menang pada Pilkada serentak 2017 di Lhokseumawe, Kamis (16/2/2017). Hasil akhir hitung cepat kota Lhokseumawe pasangan calon Suaidi Yahya-Muhammad Yusuf memperoleh suara sebanyak 32.927 atau 44,15 persen dari pasangan lainnya. SERAMBI/ZAKI MUBARAK 

* Hasil Penghitungan Suara Desk Pilkada Lhokseumawe

Sementara hasil rekap surat suara yang dirilis Desk Pilkada Pemko Lhokseumawe, Kamis (16/2), pasangan calon (paslon) Suaidi Yahya-Yusuf Muhammad unggul banyak dari tiga paslon lainnya. Ketua Harian Desk Pilkada Kota Lhokseumawe, T Mohtar Moh Said menyebutkan, proses rekap suara selesia dilakukan pukul 01.00 WIB, Kamis (16/2). Total suara sah yang masuk 74.582 dari 126.694 daftar pemilih tetap.

Rincian perolehan suara, sebut T Mohtar, Suaidi Yahya-Yusuf Muhammad sebanyak 32.927 suara atau 44,15 persen, disusul pasangan Rachmatsyah-T Naufal 19.515 suara (26,17 persen), pasangan Helmi Musa Kuta-Maisyuri 11.057 suara (14,83 persen), dan terakhir pasangan Zulkifli-Amni 9.565 suara (12,82 persen).

Suaidi Yahya menyebutkan, berdasarkan hasil rekap suara yang dilakukan Desk Pilkada tersebut, presentase perolehan suara pada Pilkada tahun ini lebih tinggi dari Pilkada lima tahun lalu. “Untuk kali ini kita meriah suara hampir 45 persen, sedangkan lima tahun lalu sekitar 39 persen,” ujar Suaidi Yahya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mempercayai dirinya untuk kembali memimpin Kota Lhokseumawe. “Ini menunjukan bahwa masyarakat masih membutuhkan kami untuk melanjutkan program-program pro-rakyat dan pembangunan seperti yang sudah berhasil kita lakukan selama ini,” katanya. Ia juga mengajak kandidat lain bersanding untuk sama-sama membangun kota.

Sementara calon wali kota Lhokseumawe lainnya, yakni Rachmatsyah, Helmi Musa Kuta, dan Zulkifli, menyatakan timnya masih bekerja merampungkan perekapan suara, sambil menunggu hasil pleno Komisi Independen Pemilihan (KIP) sebagai pihak yang berhak menentukan siapa yang menang dalam Pilkada Lhokseumawe tahun ini.

Rachmatsyah mengatakan, timnya sampai saat ini masih melakukan perekapan suara ke sejumlah wilayah. Ia menyatakan, data sementara ia lebih unggul dalam perolehan suara di beberapa desa. “Karena itu kita tunggu saja hasil resmi dalam pleno KIP,” katanya.

Hal senada dikatakan Zulkifli. Timnya juga masih merekap suara. “Ada sekitar 20 persen lagi belum selesai perekapan suara,” ujarnya. Pernyataan yang sama disampaikan Helmi Musa Kuta. “Siapa yang menang, kita tunggu saja hasil pleno KIP Lhokseumawe,” demikian Helmi Musa Kuta.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Lhokseumawe, Syahrir M Daud,menyebutkan, terkait hasil perolehan suara secara resmi baru akan diplenokan KIP pada 24 Februari 2017. Saat ini baru selesai perekapan surat suara di tingkat tempat pemungutan suara (TPS).

“Hari ini (kemarin) pukul 14.00 WIB, proses perekapan baru mulai dilakukan untuk tiga kecamatan, yakni Muara Satu, Muara Dua dan Blang Mangat. Sedangkan untuk Banda Sakti, perekapan akan dimulai Jumat. Sesuai jadwal, rekap tingkat kecamatan selesai 22 Februari 2017,” demikian Tgk Matang.(bah)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help