SerambiIndonesia/

Tafakur

Usaha Bersabar

Pikiran kita kerap seringkali terbentuk bahwa yang namanya untung lazimnya dalam bentuk uang

Usaha Bersabar
Tafakur

Oleh Jarjani Usman

“Tidaklah Allah menganugerahkan kepada seseorang sesuatu pemberian yang lebih baik dan lebih lapang daripada kesabaran” (HR. Bukhari).

Pikiran kita kerap seringkali terbentuk bahwa yang namanya untung lazimnya dalam bentuk uang. Di saat rugi dari segi uang, banyak orang yang merasa gundah dan bahkan frustasi. Padahal kalau menuruti ajaran yang dibawa Rasulullah SAW, sesungguhnya keuntungan bukan hanya dalam bentuk uang. Dan bahkan ada keuntungan yang nilainya lebih besar dari uang.

Usaha untuk bersabar dengan segala ketentuan Allah akan menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar. Kalau uang bisa habis dalam waktu sekejap, pahala yang diperoleh dari bersabar luar biasa jumlahnya. Sampai-sampai Allah menghapuskan perbuatan buruk orang-orang yang bersabar dan menggugurkan dosa-dosanya sebagaimana pohon kayu yang menggugurkan daun-daunnya (HR. Bukhari & Muslim).

Diampuni dosa tentunya pilihan setiap insan di dunia ini, kalau mau menyadarinya. Apalagi orang-orang yang telah diampuni dosa-dosanya akan ditempatkan di tempat terbaik, yaitu surga. Itu tentunya di akhirat kelak.

Sedangkan di dunia ini, orang-orang yang sanggup bersabar akan memperoleh kekuatan mental yang hebat. Sehingga goncangan demi goncangan dalam hidupnya tak akan menggoyahkan imannya kepada Allah atau berputus asa.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help