Kantor Pelabuhan Samatiga Masih Darurat

Petugas pelayanan atau operasional Pelabuhan Penyeberangan Samatiga Aceh Barat hingga kemarin masih menggunakan kantor darurat

Kantor Pelabuhan Samatiga Masih Darurat
SERAMBI/RIZWAN
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi ketika meninjau Pelabuhan Samatiga, Aceh Barat, Jumat (9/12) siang.SERAMBI/RIZWAN 

MEULABOH - Petugas pelayanan atau operasional Pelabuhan Penyeberangan Samatiga Aceh Barat hingga kemarin masih menggunakan kantor darurat. Kepala UPTD Pelabuhan Samatiga Zulkifli mengatakan meskipun menggunakan kantor darurat, namun pelayanan di pelabuhan selama ini ini lancar sejak berfungsinya penyeberangan Meulaboh (Aceh Barat)-Sinabang (Simeulue).

“Sejak dibuka pelayaran pada Agustus 2016 silam itu kita tetap memberikan pelayanan,” katanya kepada Serambi kemarin. Ia mengakui pelabuhan tersebut pernah direncanakan akan diresmikan oleh Presiden seperti disampaikan pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI ketika meninjau pelabuhan sebab dermaga dibangun dengan dana APBN. Sedangkan gedung dalam kompleks dibangun melalui APBA. Zulkifli menambahkan bahwa pelayaran Meulaboh-Sinabang selama ini lancar yakni selama tahun 2017 sebanyak dua kali dalam sepekan yaitu Jumat dan Minggu.

“Kapal tiba pagi hari dan siangnya kembali bertolak ke Sinabang,” ujarnya. Ia mengatakan, keberangkatan kapal KM Teluk Sinabang yang selama ini melayari Meulaboh-Sinabang tergantung cuaca dan selama ini berlangsung lancar. Menurut amatan Serambi kemarin, pegawai Pelabuhan Samatiga selama beberapa bulan terakhir terpaksa bertugas di pos depan kompleks pelabuhan.

Petugas yang berjualan tiket melayani calon penumpang dengan darurat karena belum menggunakan gedung khusus dalam kompleks pelabuhan yang dibangun pemerintah sebagai pengganti gedung yang hancur karena tsunami di Suak Indrapuri, Meulaboh. “Kita prihatin melihat kondisi seperti itu,” ujar Budi, seorang penumpang kapal yang akan bertolak ke Sinabang kemarin.(riz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved