SerambiIndonesia/

Tafakur

Kehidupan Dunia

Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main belaka, dan sesungguhnya akhirat itulah

Oleh: Jarjani Usman

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main belaka. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sesungguhnya kehidupan, kalau mereka mengetahui” (QS. Al-‘Ankabut: 64).

Dari berbagai kejadian di dunia ini, seperti pada saat pemilihan kepala daerah, kita semakin yakin bahwa manusia memang suka berebut dunia. Apalagi dunia diciptakan begitu indah. Namun, jangan sampai demi menuruti nafsu sepuas-puasnya dalam memperoleh kenikmatan dunia, kita berani melakukan perbuatan-perbuatan yang menjerumuskan ke dalam neraka, seperti berbuat curang.

Apalagi menurut Rasulullah SAW dalam suatu hadits, kelak akan diambil di antara penduduk neraka yang paling merasakan kenikmatan sewaktu di dunia untuk dicelupkan lagi ke neraka. Ia ditanyakan apakah ia pernah melihat kebaikan dan merasakan kenikmatan. Ia menjawab, tidak sama sekali.

Hal ini menunjukkan bahwa begitu dahsyat kesengsaraan di neraka. Saking sengsaranya di neraka, akan terasa betapa tak nikmat sama sekali kehidupan dunia yang hanya sekejap.

Dengan demikian, maunya kita menjaga diri dari perbuatan ikut-ikutan mendukung orang-orang yang sedang berjuang untuk memperturutkan hawa nafsu dunia dengan cara-cara yang haram. Bila ikut terjebak, maka ingatlah betapa singkatnya hidup di dunia ini dan betapa sayangnya mengorbankan kehidupan akhirat yang abadi.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help