Proyek APBA belum Ada yang Dilelang

Meski Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (RAPBA) 2017 sudah disahkan pihak DPRA menjadi APBA

Proyek APBA belum Ada yang Dilelang

* Dewan Minta Gubernur dan Wagub tak Lalai dengan Pilkada

BANDA ACEH – Meski Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (RAPBA) 2017 sudah disahkan pihak DPRA menjadi APBA 2017 senilai Rp 14,7 triliun pada 30 Januari 2017, namun hingga kini belum satu pun proyek APBA 2017 dilelang Pemerintah Aceh, baik melalui webside Unit Layananan Pengadaan (ULP) dan Unit Layanan Pelelangan Secara Elektronik (LPSE) Pemerintah Aceh maupun via media massa cetak dan elektronik.

Karena itu, kalangan fraksi-fraksi di DPRA meminta eksekutif, terutama Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Wakilnya Muzakir Manaf jangan lalai dengan suasana pilkada sambil menunggu pemenang hingga akhirnya ketika semua proses pilkada ini selesai, baru mulai melaksanakan proses proyek APBA.

“Kami menyerukan kepada Gubernur Aceh bersama Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) dan Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) segera melelang paket- paket proyek strategis Pemerintah Aceh 2017,” kata Ketua Fraksi PAN DPRA Asrizal kepada Serambi kemarin.

Secara terpisah, hal sama disampaikan Ketua Fraksi Partai Golkar DPRA, Aminuddin. Menurutnya, pelaksanaan program 2017 masih menjadi tanggung jawab Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Wakilnya, Muzakir Manaf yang berakhir masa tugas 25 Juni 2017.

“Ini tahun terakhir mereka menjabat, jadi jangan karena hasil pemungutan suaranya belum jelas siapa yang menjadi pemenang, pelaksanaan proyek APBA 2017 boleh molor. Tidak bisa seperti itu,” tegas Aminuddin.

Seperti diketahui Gubernur Aceh Zaini Abdullah juga maju kembali sebagai Gubernur Aceh periode 2017-2022. Begitu juga Muzakir Manaf juga maju sebagai cagub Aceh periode yang sama.

Aminuddin menambahkan jika proyek APBA 2017 di bawah kepemimpinan Zaini-Muzakir terlambat dilelang tahun ini, maka ketika akhir 2017 nanti banyak proyek tak rampung, DPRA tak bisa menyalahkan gubernur baru lantaran mereka dilantik sudah pertengahan tahun ini dan khusus untuk tahun ini, masih menjalankan apa yang sudah dilaksanakan Pemerintah Aceh periode sebelumnya di bawah kepemimpinan Zaini-Muzakir.

Amatan Serambi, saat ini baru berjalan proyek APBN. Sedangkan proyek APBA dan APBK belum jalan akibat pelaksanaan Pilkada. Jika ada yang sudah jalan, baru realisasi paket proyek pengadaan makanan pasien dan obat di RSUZA Banda Aceh, RSJ, RSIA, maupun RSU kabupaten/kota.

Dikonfirmasi terpisah, Sekda Aceh Dermawan mengatakan dirinya sudah beberapa hari lalu memerintahkan Kepala SKPA segera menyiapkan dokumen pendukung untuk pelaksanaan lelang terbuka proyek strategis APBA 2017 pada bulan ini.

Karena itu, kata Sekda dirinya masih menunggu laporan perkembangan sudah sejauh mana persiapan pelelangan proyek strategis APBA 2017 yang telah dilakukan Kepala SKPA bersama Kepala Bidang dan Kasi. “Kepada Biro Pengadaan dan ULP/LPSE agar segera menyiapkan personel untuk menangani pelelangan proyek strategis APBA 2017 supaya pelaksanannya nanti bisa berjalan lancar,” jelas Dermawan. (her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved