Pilkada 2017

Calon Wali Kota Ditetapkan 8 Maret

Rapat pleno terbuka Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh dengan agenda penetapan pasangan calon

Calon Wali Kota Ditetapkan 8 Maret

BANDA ACEH - Rapat pleno terbuka Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh dengan agenda penetapan pasangan calon wali kota/wakil wali kota terpilih dijadwalkan pada 8 Maret 2017.

Kepastian tersebut disampaikan Sekretaris KIP Kota Banda Aceh, Rahmat SE MM, kepada Serambi, Rabu (1/3) malam. “Dijadwalkan berlangsung di Auditorium Universitas Muhammadiah, Bathoh, Banda Aceh,” katanya.

Sebelumnya, Ketua KIP Kota Banda Aceh, Munawar Syah MA, menyebutkan, penetapan calon terpilih berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat adalah 8-10 Maret 2017. “Di antara tanggal tersebut, KIP memilih kesempatan pertama untuk melaksanakan secara terbuka pleno penetapan calon terpilih,” katanya.

Komisioner KIP Aceh Besar, Hafidh juga menyampaikan hal yang sama. Jika tak ada gugatan, pihaknya berencana akan menggelar pleno penetapan pasangan calon terpilih pada 8-10 Maret 2017.

“Kalau tidak ada gugatan dari pasangan calon yang tidak puas dengan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara, maka KIP akan menggelar rapat pleno penetapan calon terpilih pada 8-10 Maret,” kata dia.

Meski demikian, pihaknya belum mengetahui apakah salah satu dari dua pasangan calon ada mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Apabila ternyata ada yang mengajukan gugatan, maka pelaksanaan rapat pleno harus menunggu hingga keluarnya pengumuman dari MK. Sebaliknya

“Tetapi berdasarkan informasi yang beredar, hingga hari terakhir pendaftaran gugatan ke MK tidak ada yang mengajukan gugatan,” ujarnya. Bila benar demikian, maka pihaknya akan menggelar rapat pleno pada kesempatan pertama, yakni 8 Maret 2017.(awi)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help