SerambiIndonesia/

Keluarga Sejahtera Membentuk SDM Berkualitas

GUBERNUR Aceh, dr H Zaini Abdullah, menjelaskan untuk mewujudkan keluarga sejahtera menjadi sebuah langkah penting

Keluarga Sejahtera Membentuk SDM Berkualitas

GUBERNUR Aceh, dr H Zaini Abdullah, menjelaskan untuk mewujudkan keluarga sejahtera menjadi sebuah langkah penting dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di masa depan.

Hal itu disampaikan Gubernur Aceh, saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Aceh, di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Selasa, 28 Februari 2017.

Menurutnya, salah satu langkah itu, yakni menjalankan program kependudukan dengan baik. Karena, suksesnya program kependudukan itu berbanding lurus dengan kualitas SDM. Justru, sebaliknya gagal dalam mengelola kependudukan maka berdampak buruk pada pembangunan kesejahteraan keluarga yang diharapkan.

“Indonesia pernah sukses menjalankan program KB dan banyak pujian internasional. Tapi, kini komitmen program KB justru melemah. Mulai ekarang, mari kita bangkit dan jadikan tantangan bagi kita membuka peluang dalam membangun bangsa lebih baik,” kata Gubernur Aceh.

Melahirkan SDM produktif yang unggul menjadi cita-cita bangsa. Karena, tantangan yang dihadapi bangsa ini semakin berat. Mulai sekarang semua pihak harus mempersiapkan diri melahirkan generasi emas, generasi berkualitas, tutup Gubernur Zaini.

Siap Mendukung
Pangdam IM, Mayjen TNI Tatang Sulaiman mengungkapkan TNI sebagai mitra BKKBN melakukan peningkatan ketahanan keluarga dalam rangka ketahanan nasional dengan mengendalikan laju pertambahan dan pemerataan penduduk melalui konsep pembangunan Indonesia sentris dan dari pinggiran. Melalui Babinsa, TNI melakukan pengayoman dan sosialisasi Program KKBPK dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi keluarga, pasangan usia subur, remaja dan masyarakat dengan fokus pada perubahan perilaku untuk meningkatkan kesertaan ber-KB dan mewujudkan keluarga sejahtera. “TNI AD sebagai mitra BKKBN siap mendukung terlaksananya program KKBPK,” tegas Pangdam IM.

Bangun Komitmen Lintas Sektor
Kepala BKKBN Aceh, Dr dr M Yani MKes PKK, menyebutkan Rakorda KKBPK yang melibatkan Kepala BKKBN dari 23 kabupaten/ kota di Aceh itu bertema ‘Dengan Program Kependudukan KKBPK Kita Tingkatkan Kualitas ManusiaIndonesia yang Memiliki Karakter Bangsa dalam Kerangka NKRI’.

Kegiatan itu bertujuan meningkatkan komitmen agar para pengelolaprogram KKBPK dapat mewujudkan sasaran RPJMN dan Renstra BKKBN 2015-2019. Dijelaskan Rakorda KKBPK itu bukan hanya sebatas mengendalikan jumlah kelahiran. Tapi, bagaimana meningkatkan kualitas penduduk dan menjadi langkah mendapat gagasan dan ide. Sehingga pengendalian laju pertumbuhan penduduk bisa berjalan bijak. “Keterlibatan BKKBN se-Aceh ini diharapkan terbangun sebuah komitmen lintas sektor.

Hal ini dapat dilakukan dengan menentukan aktivasi ‘Kampung KB’ sesuai road map pencanangan kampung KB tahun 2017 di tiap kecamatan,” ujar Dr M Yani. Lalu peran dari para mitra dan pemangku kepentingan sangat diharapkan, sehingga pelaksanaan program KKBPK dapat berjalan optimal di seluruh tingkatan, mulai kecamatan sampai kabupaten/kota.

Prioritas Program
Kepala Biro Umum BKKBN RI, Dra Maryana MM, menjelaskan prioritasprogram kependudukan harus dilakukan melalui pengelolaan data dan informasi kependudukan. Penguatan penyerasian kebijakan pembangunan berwawasan kependudukan dan peningkatan sinergitas penyelenggaraan pendidikan kependudukan.

Lalu, program prioritas itu juga mencakup penguatan strategis pengendalian dampakkependudukan dan percepatan penyusunan grand design pembangunan di 23 kabupaten/kota di Aceh.(Adv)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help