SerambiIndonesia/

Tafakur

Menyambung Silaturrahmi

Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan mempergunakan nama-namaNya, kamu saling meminta satu sama lain

Menyambung Silaturrahmi
Tafakur

Oleh Jarjani Usman

“Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan mempergunakan nama-namaNya, kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi” (QS. an-Nisa: 1).

Demi mementingkan kekuasaan, sebahagian orang terjebak dalam perbuatan yang diharamkan. Seperti memutuskan silaturrahmi.
Padahal memutuskan silaturrahmi menjerumuskan ke neraka dan memeliharanya atau menjalin kembali bisa membantu memuluskan jalan ke surga.

Dalam suatu hadits disebutkan bahwa ada seseorang berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Wahai Rasulullah, beritahukan kepadaku tentang sesuatu yang bisa memasukkan aku ke dalam surga dan menjauhkanku dari neraka?”

Mendengar pertanyaan tersebut, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata bahwa yang bertanya tadi merupakan pertanda bahwa dia telah diberi taufik atau telah diberi hidayah. , apa tadi yang engkau katakan?” Setelah itu Nabi SAW baru menjawab pertanyaan itu: “Engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu pun, menegakkan shalat, membayar zakat, dan engkau menyambung silaturahmi.” Bahkan setelah orang itu pergi, Nabi SAW bersabda lagi bahwa jika ia melaksanakan apa yang saya katakan tadi, pastilah ia masuk surga.

Jawaban Rasulullah SAW tersebut sepatutnya menyadarkan kita untuk berlapang dada dalam menyambung kembali tali persaudaraan yang sempat renggang atau terputus. Jangan sampai kita bertahan di jalan orang-orang yang suka mengikuti perilaku iblis. Yaitu orang-orang yang sombong.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help