Droe Keu Droe

Rendahnya Kesadaran Pengguna Jalan

KAMIS, 9 Februari 2017 pihak pelaksana proyek underpass Jembatan Krueng Cut melalui koran Serambi Indonesia mengumumkan

Rendahnya Kesadaran Pengguna Jalan
Kondisi jalan berdebu di Jembatan Lamnyong-Darussalam, Banda Aceh. SERAMBI/MUHAMMAD NASIR 

KAMIS, 9 Februari 2017 pihak pelaksana proyek underpass Jembatan Krueng Cut melalui koran Serambi Indonesia mengumumkan kepada masyarakat pengguna jalan yang melewati Jembatan Krueng Cut, akan dilakukan pengalihan jalur atau pemberlakuan satu jalur selama kurang lebih dua bulan.

Para pengguna jalan dari arah Banda Aceh yang hendak melewati Jembatan Krueng Cut ke arah Krueng Raya, Aceh Besar, masih dibolehkan melewati jembatan tersebut. Sedangkan bagi pengguna jalan dari arah krueng raya yang hendak melewati jembatan krueng cut ke arah Banda Aceh diwajibkan melewati jalan tepi kali tembus ke arah Lamnyong, lalu melewati underpass Lamnyong, seterusnya ke arah kota.

Adapun tujuan pengalihan tersebut agar tidak terjadi kemacetan ataupun kecelakaan pada saat pengerjaan underpass Jembatan Krueng Cut oleh pihak pelaksana proyek. Tetapi dalam beberapa hari belakangan ini, yang menjadi permasalahan tingkat kesadaran pengguna sepeda motor dari arah Krueng Raya yang hendak ke arah Banda Aceh agak sedikit rendah.

Buktinya masih banyak pengguna sepeda motor yang tetap memaksakan diri melewati Jembatan Krueng Cut. Padahal, jelas-jelas sudah dilarang, disebabkan badan jembatan sudah sempit karena sebagian sudah ditutup untuk pengerjaan proyek. Seharusnya kesadaran masyarakat harus tumbuh untuk mematuhi rambu-rambu tersebut, tanpa perlu ada yang mengawasi.

Saya perhatikan, masyarakat sangat patuh pada rambu-rambu lalu lintas pada saat ada polisi yang jaga. Begitu polisi tidak ada yang jaga, masyarakat kembali melakukan pelanggaran. Sampai kapan begitu? Ayo masyarakat Aceh patuhi rambu-rambu tanpa harus ada yang mengawasi! Tunjukkan bahwa kita masyarakat yang patuh, semoga ketertiban bersama terjaga! Amin.

Muhammad Yani
Staf Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh. Email: muhammadyani771@yahoo.co.id

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help