SerambiIndonesia/

Tafakur

Berilmu Tinggi

Allah SWT menjadikan ilmu bagi hati seperti air hujan bagi tanah. Sebagaimana tanah yang tak akan hidup kecuali

Berilmu Tinggi

Oleh: Jarjani Usman

Allah SWT menjadikan ilmu bagi hati seperti air hujan bagi tanah. Sebagaimana tanah yang tak akan hidup kecuali dengan adanya curahan air hujan, demikian pula tiada kehidupan bagi hati kecuali dengan ilmu (Ibnul Qayyim).

Seringkali seseorang dianggap berilmu tinggi di zaman sekarang berdasarkan gelar pendidikan yang diperoleh. Hal ini bisa menumbuhkan tunas tinggi hati pada sebahagian orang yang bergelar tinggi. Seperti tak mau menyebarkan (mengajar) ilmunya pada program-program kelas rendah.

Padahal ilmu tinggi bisa membawa seseorang pada tingkat kesadaran diri yang tinggi pula. Sehingga menjadi sangat hati-hati dalam menjaga diri agar tidak terjebak dalam perasaan tinggi hati.

Rasa malas yang mendera seseorang bergelar tinggi untuk mengajar orang-orang biasa tak sepatutnya terjadi. Bila terjadi itu bisa jadi pertanda bahwa ia lebih mementingkan materi dalam hidupnya. Lazimnya, kelas tinggi dibayar jauh lebih tinggi.

Padahal berbagi ilmu yang baik untuk siapa saja tanpa memandang kelas sama saja dan tak akan pernah rugi. Bahkan dalam suatu hadits disebutkan, orang yang mengajarkan kebaikan akan didoakan oleh para malaikat dan makhluk lainnya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help