Daihatsu Sigra Diujicoba

PT Astra Daihatsu Cabang Aceh melakukan ujicoba Sigra di seputaran Banda Aceh, baik jalanan macet

Daihatsu Sigra Diujicoba
Xenia Daihatsu 

* Jalanan Padat dan Sepi

 BANDA ACEH - PT Astra Daihatsu Cabang Aceh melakukan ujicoba Sigra di seputaran Banda Aceh, baik jalanan macet atau padat, juga dalam kondisi sepi. Mobil LCGC ini yang terpesan 40 unit per bulan di Aceh dengan DP mulai dari Rp 16 juta memiiki akselerasi 0-100 km hanya dalam tempo 14,4 detik.

Dalam ujicoba ini digunakan dua tipe mesin, manual dan otomatis bermesin 1.000 dan 1.200 cc serta kecepatan rata-rata 50 km/jam. Pengujian dilakukan dua kali dengan beban kosong atau hanya sopir dan berisi penumpang. Saat ujicoba di jalanan macet, Sigra manual cekatan di putaran bawah, sehingga sigap mengatasi kondisi ‘stop and go’.

Sedangkan Sigra otomotis lebih dinamis lagi, sopir hanya perlu menjaga rem saat ‘stop and go’, apalagi mobil bertransmisi otomatis lebih cocok di perkotaan, sehingga kaki kiri tidak pegal. Pada transmisi matik, kaki kiri tidak digunakan, karena tidak ada pedal kopling.

Untuk konsumsi BBM, saat keduanya hanya berisi sopir, maka 27,5 km/liter tercatat untuk manual dan otomatis 26,3 km/liter. Saat dimuati beban seberat 420 kg atau bermuatan enam orang, konsumen manual menjadi 24,8 km/liter dan Sigra otomatis menjadi 23,9 km/liter.

Tetapi, catatan dalam ujicoba itu tidak bisa dijadikan patokan, karena tergantung dari cara mengemudi seseorang dan kondisi jalan. Sedangkan ujicoba di jalan macet saat jam sibuk, baik pada pagi maupun sore dari Bathoh sampai Jambo Tape, maka konsumei BBM, rata-rata 15 km/liter.

Kepala cabang Astra Daihatsu Aceh, Herizal SE AK, Sabtu (4/3) menjelaskan  Sigra dirancang memenuhi regulasi efisiensi konsumsi bahan bakar sesuai program low cost green car (LCGC), yaitu minimal 20 km/liter pada jalan bebas hambatan.

Dia menambahkan ujicoba di jalan sepi, akselerasi Sigra manual 0-100 km per jam, hanya 14,4 detik untuk mesin 1.200 cc. Dia menilai pencapaian itu sudah cukup baik untuk mobil kelas LCGC berkapasitas tujuh penumpang.

Dikatakan, terdapat dua pilihan mesin, yaitu 1KR-VE DOHC VVT-i 3 silinder bermesin 998 cc dan 3NR-VE DOHC Dual VVT-i 4 silinder berkapasitas 1.197 cc yang dapat menyemburkan tenaga 87 tk dan torsi 108 Nm. Poin pentingnya, sebutnya, Sigra sudah dilengkapi teknologi bukaan katup elektronik Dual VVT-i.

“Dengan harga yang lebih murah, mulai Rp 120 juta on the road dan uang muka mulai Rp 16 juta, Sigra dapat dijadikan sebagai mobil pertama keluarga muda atau yang beralih dari sepeda motor,” ujarnya. Dia menambahkan, fitur keamanan juga sudah komplit, seperti seatbelt, immobilizer dan lainnya, termasuk airbag di varian tertinggi.(muh)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help