Wirda Mansur, Traveling dengan Berdakwah

DI dunia maya, nama Wirda Mansur (17) tentu tidak asing lagi. Putri cantik Ustad kondang, Yusuf Mansur

Wirda Mansur, Traveling dengan Berdakwah

DI dunia maya, nama Wirda Mansur (17) tentu tidak asing lagi. Putri cantik Ustad kondang, Yusuf Mansur ini dikenal sebagai selebgram. Ia didapuk menjadi Duta Alquran. Menghafal 30 juzz sekaligus menjadi pendakwah, telah membawanya keliling dunia.

Pada Jumat (3/3) lalu, panggilan dakwah membawanya ke ujung barat Indonesia, memenuhi undangan Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal.

“Ini pertama kalinya ke Aceh, emang udah lama pengen karena belum pernah. Aku pengen banget mengunjungi Museum Tsunami,” ujar Wirda Mansur kapada awak media, usai santap siang di sebuah rumah makan di kawasan Pango, Ulee Kareng, Banda Aceh.

Didampingi Illiza, ia menceritakan pengalamannya berdakwah serta berbagi tips menghafal Quran. Sejak umur enam tahun, gadis yang kini tercacat sebagai mahasiswi University of Oxford London, Inggris ini sudah mengikuti papanya, panggilan untuk Ustad Yusuf Mansur berdakwah.

Ia mengaku belajar otodidak dari sang ayah. Dari sekadar mendampingi, ia pun pelan-penlan dipercayakan menggantikan jika sang ayah berhalangan hadir.

Wirda yang turut bermain dalam film layar lebar Cahaya Cinta Pesantren ini mengaku jika awalnya ia bercita-cita ingin menjadi pengusaha. Namun dunia dakwah tempat ayahnya berkecimpung, membuat jalannya justru terbuka mengikuti jejak sang ayah.

Ia pun meretas bisnis dengan menjadi desainer pakaian muslimah. Dakwah juga telah membawanya menjadi seorang traveler, menjelajah kota-kota di Tanah Air serta menginjakkan kaki di negara-negara lain, termasuk Eropa.

“Kalau ditanya negara-negara apa saja yang dikunjungi gak inget sih, karena udah banyak banget. Yang jelas aku gak pengen terpengaruh sama remaja masa kini kebanyakan, pengen kalo bisa justru aku yang berpengaruh buat mereka,” ujarnya.

Hafizah muda ini pun telah menerbitkan sebuah buku berjudul Reach Your Dream yang rilis November tahun lalu. Sebuah buku tentang motivasi yang menginspirasi. Namun dirinya mengaku tak berminat menekuni dunia entertainment, pasalnya ia tak mau kehilangan banyak waktu demi mengulang hafalannya.

“Iya, ini aja udah sibuk jadi waktunya berkurang (untuk mengulang hafalan). Untuk menghafal Alquran itu yang penting niat dari diri sendiri,” tutur pemilik nama lengkap Wirda Mansur Salamah.

Ditanya tentang kedekatannya dengan pria, gadis kelahiran 29 November ini hanya melempar senyum. Seperti diketahui nama Muzammil Hasballah, hafiz asal Aceh kerap dikait-kaitkan dengannya. Namun kedatangan Wirda sendiri ke Banda Aceh guna memenuhi undangan dakwah Jumat dari pemko setempat itu hanya berlangsung sehari.

Keesokannya, Sabtu (4/3) ia langsung bertolak ke Malang, Jawa Timur guna mengisi roadshow. Menebar kalam Ilahi di sudut-sudut bumi. (nurul hayati)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help