SerambiIndonesia/

Efek yang Sering Dirasakan Perokok Pemula

Dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Persahabatan, Agus Dwi Susanto mengatakan, dalam jangka pendek,

Efek yang Sering Dirasakan Perokok Pemula
Thinkstockphotos
perokok 

SERAMBINEWS.COM - Tak perlu menunggu puluhan tahun atau menginjak usia tua untuk merasakan dampak buruk dari merokok. Bila saat ini masih remaja dan merokok, kerusakan pada tubuh sudah mulai terjadi. Masih muda bukan berarti terbebas dari penyakit.

Dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Persahabatan, Agus Dwi Susanto mengatakan, dalam jangka pendek, perokok usia remaja dapat mengalami iritasi disepanjang saluran napas.

"Jadi sering batuk-batuk, dahaknya banyak karena ada gangguan pada silia atau rambut halus yang berfungsi membersihkan saluran napas," jelas Agus saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/3/2017).

Agus mengungkapkan, menurut penelitian, 2-3 kali hisapan rokok saja sudah menyebabkan 50 rambut silia di saluran napas tidak berfungsi. Akibatnya, udara kotor dari luar akan lebih mudah menginfeksi saluran napas.

Bahkan bagi remaja yang sensitif, misalnya memiliki asma dan penyakit jantung bawaan, bisa sampai mengalami penyempitan saluran napas. "Bisa mengalami sesak napas. Perokok pasif pun berisiko," kata Agus.

Pada tahap lanjut, bisa terkena faringitis, infeksi saluran pernapasan akut,  hingga pneumonia karena menurunnya sistem kekebalan. Selain itu, terkadang bisa merasakan sakit kepala akibat kandungan CO pada tembakau menyebabkan darah kekurangan oksigen.

Agus mengatakan, penampilan fisik remaja yang merokok pun menjadi buruk. Mereka justru menjadi tidak keren karena merokok

"Napasnya jadi bau merokok, giginya bisa kuning, itu dari sisi performa pada remaja kalau merokok," jelas Agus.

Nah, bila merokok terus berlanjut sampai usia dewasa, mulailah muncul dampak jangka panjang. Beberapa puluh tahun kemudian, mereka bisa terkena penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), stroke, serangan jantung, hingga kanker.

Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help