Tafakur

Mewujudkan Perdamaian

Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu

Mewujudkan Perdamaian

Oleh: Jarjani Usman

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.” (QS. al-Hujuraat: 10).

Seringkali kebanyakan di antara kita hanya ingin menikmati hasil baiknya saja, tanpa mau berusaha untuk melalui proses yang terkadang berliku. Seperti orang-orang yang hanya mau menikmati hidup damai, tetapi tak mau berpartisipasi aktif untuk mewujudkannya. Padahal orang-orang Muslim diperintahkan untuk membantu mewujudkan perdamaian di antara sesama.

Sebagaimana disebutkan dalam Alquran, ada perintah untuk mendamaikan orang-orang yang berselisih atau bertikai. Tentunya perintah ini untuk kebaikan kita juga. Sebab, bila negeri tidak damai, maka akan berdampak buruk yang luas terhadap kehidupan semua orang di segala bidang. Dalam sebuah negeri yang tidak damai, hati kita akan terganggu, gundah, dan atau tak nyaman.

Dalam negeri yang tidak damai juga kematian tak wajar dianggap hal yang biasa. Seperti kematian orang dalam jumlah banyak akibat pemboman yang terjadi di Syria dan Iraq sekarang ini, yang mungkin dianggap sebagai sesuatu yang lumrah dalam suasana perang. Bahkan, tanaman yang sudah siap panen, tak sempat dipetik karena ketakutan yang teramat sangat menyeruak di sana sini.

Karena itu, sangat penting bagi setiap menuruti perintah Allah untuk mewujudkan dan mempertahankan perdamaian dalam masyarakat. Usaha itu tentunya sangat berpahala, karena bisa menyelamatkan kehidupan hamba-hamba Allah di muka bumi ini.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help