SerambiIndonesia/

Citizen Reporter

Universitas Ini Banyak Hasilkan Presiden dan PM

Seperti yang tertera di namanya, ITU berada di Kota Istanbul yang terkenal sebagai ibu kota Turki

Universitas Ini Banyak Hasilkan Presiden dan PM

OLEH HANSEN WIRATWAN, mahasiswa asal Aceh di Istanbul Teknik Üniversitesi, melaporkan dari Istanbul, Turki

ISTANBUL Teknik Üniversitesi atau disingkat ITU adalah nama yang biasa digunakan oleh orang-orang di Turki untuk menyebut universitas teknik tertua di Turki ini.

Seperti yang tertera di namanya, ITU berada di Kota Istanbul yang terkenal sebagai ibu kota Turki. Istanbul sendiri merupakan satu-satunya kota yang berada di dua benua, yakni Eropa dan Asia. Juga pernah menjadi ibu kota dari dua kerajaan besar, yaitu Byzantium dan Ottoman.

Bediri tahun 1773, universitas yang berumur hampir 250 tahun ini juga merupakan universitas teknik ketiga tertua di dunia yang dibangun pada zaman Turki Usmani oleh Sultan Mustafa ke-3. Universitas ini semula bertujuan untuk melatih para teknisi perkapalan dan teknisi militer untuk memodernisasi perlengkapan perang pasukan Ottoman dan terus berkembang hinga sekarang menjadi universitas teknik terbaik di Turki.

ITU dengan total lebih dari 35.000 mahasiswa, 2.300 staf pengajar, dan lebih dari 10.000 alumni sekarang terdiri atas lima kampus. Tersebar di berbagai lokasi di Istanbul, yaitu kampus Taskisla, Maçka, Tuzla, Gummusuyu, dan Maslak.

Walau terpisah, tapi semua kampus itu terhubung satu sama lain melalui kereta bawah tanah yang merupakan salah satu transportasi umum yang sering digunakan di Istanbul.

Macka sebagai kampus utama punya area seluas 256 hektare (ha) dan berada di distrik bisnis di Kota Istanbul.

ITU sekarang punya 39 jurusan untuk program sarjana dan 145 jurusan untuk program pascasarjana maupun doktoral. Universitas ini juga berhasil memasuki 200 besar list universitas terbaik dunia berdasarkan times higher education tahun 2009.

ITU juga memiliki lebih dari 23 jurusan yang terakreditasi oleh ABET, salah satu akreditasi bergengsi bagi lembaga pendidikan di bidang teknik dan teknologi. Bahasa yang digunakan selama proses belajar-mengajar di sini adalah 100% bahasa Inggris dan beberapa program studi menggunakan 70% bahasa Inggris dan 30% bahasa Turki.

Kesuksesan ITU tidak terlepas dari dukungan fasilitas yang disediakan. Universitas ini memiliki dapur umum degan kapasitas 10.000 orang yang menyediakan makan siang dan malam kepada mahasiswa dengan harga sangat terjangkau. Harga per porsi hanya 2 lira untuk makan siang dan 3 lira untuk makan malam atau setara Rp 8.000-12.000 per porsi dengan kisaran 1 lira adalah Rp 4.000.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help