BTN Zone Hadir Perdana di Unsyiah

BTN Zone, yaitu zona kawula muda yang diprakarsai Bank Tabungan Negara (BTN) kini di Universitas Syiah Kuala

BTN Zone Hadir Perdana di Unsyiah
Branch Manager Kantor BTN Cabang Banda Aceh, Andy Ruchmono dan Kepala SDN 20 Banda Aceh, Nurhayati SPd, Kepala SDN 50 Banda Aceh, Rohbina SPd, dan staf Adm SDN 24 Banda Aceh, Sutrisni SPd berfoto bersama usai menerima buku tabungan SimPel . SERAMBI/MASRIZAL 

BANDA ACEH - BTN Zone, yaitu zona kawula muda yang diprakarsai Bank Tabungan Negara (BTN) kini di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Peresmian fasilitas berteknologi itu dilakukan Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal MEng bersama Direktur BTN Pusat, Catur Budi Harto di Kantin Fakultas Teknik Unsyiah, Kamis (9/3)

BTN Zone yang di Aceh untuk pertama itu merupakan wadah bagi komunitas mahasiswa untuk meningkatkan kreativitasnya di lingkungan kampus. Area tersebut didesain bergaya millenials, sehingga mahasiswa merasa nyaman untuk mengenal lebih dalam aktivitas perbankan, enterprenership, serta pemasaran produk lewat e-commerce (perdagangan elektronik).

Di BTN Zone, mahasiswa akan dimanjakan dengan layanan wifi gratis, pemasangan mesin Electronic Data Capture (EDC) untuk memudahkan transaksi, Smart Card BTN sebagai uang elektronik, serta tersedia Multimedia Corner sebagai tempat untuk mengerjakan tugas kuliah maupun tesis. Dalam zona itu juga disediakan mini stage untuk penampilan musik dan hiburan lainnya.

Prof Dr Samsul Rizal MEng mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi diluncurkannya BTN Zone di lingkungan Unsyiah. Selain dapat melatih jiwa kewirausahawan mahasiswa, zona ini menyajikan kemudahan transaksi. “Kita tidak perlu bawa uang cash, sebab berbelanja lebih praktis dengan smart card BTN,” ujar Samsul seusai membeli minuman ringan menggunakan kartu itu.

Menurutnya, BTN Zone merupakan hasil kerja sama Bank BTN dengan Unsyiah yang perdana diresmikan di Fakultas Teknik Unsyiah. “Dengan berbagai kemudahan di dalam satu lokasi, bukan tidak mungkin nanti fasilitas ini tersedia di seluruh area kampus,” kata dia yang didampingi Dekan FT Unsyiah, Dr Ir Mirza Irwansyah MBA MLA.

Sementara itu, Direktur BTN Pusat, Catur Budi Harto seusai peresmian BTN Zone di FT Unsyiah mengatakan, fasilitas itu merupakan persembahan BTN untuk mahasiswa Aceh agar dapat lebih mengenal aktivitas perbankan dan bisa menyalurkan kreativitas enterpreneurshipnya. “Di BTN Zone, mahasiswa maupun UMKM dapat dibantu menjual dagangannya lewat e-commerce,” kata Catur.

Menurutnya, Unsyiah dengan mahasiswa yang mencapai 35.000 berpotensi memajukan enterpreneurship, apalagi e-commerse yang banyak digandrungi saat ini. “Bahkan jika ada masyrakat di luar Unsyiah yang ingin mencoba e-commerce, dapat langsung kemari karena akan difasilitasi,” ujar dia, dan menyebut pengelolaan BTN Zone dipercayakan kepada mahasiswa Unsyiah. (fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help