SerambiIndonesia/

80 Aparatur Dilatih Perencanaan Tenaga Kerja

Sedikitnya 80 pejabat utusan kabupaten/kota dan lintas instansi Aceh, ikut pelatihan penyusunan perencanaan tenaga kerja

80 Aparatur Dilatih Perencanaan Tenaga Kerja
SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL
Sebanyak 60 pemuda dan pemudi Aceh mengikuti pelatihan dasar koperasi di Aula Hotel Kuala Radja, Banda Aceh, Sabtu-Minggu (22-23/10/2016). 

BANDA ACEH - Sedikitnya 80 pejabat utusan kabupaten/kota dan lintas instansi Aceh, ikut pelatihan penyusunan perencanaan tenaga kerja dan bimbingan teknis (Bimtek) petugas pengantar kerja. Pelatihan yang berlangsung empat hari di Hotel Hermes Palace, dibuka Kadisnakermobduk Aceh, Ir M Jailani A Bakar MSi, Kamis (9/3) malam.

Kadisnakaermobduk Aceh, M Jailani A Bakar menyebutkan, bimtek perencanaan tenaga kerja dan petugas pengantar kerja, merupakan langkah terobosan menghadapi tantangan ketenagakerjaan ke depan yang akan semakin rumit dan kompleks, diantaranya masih tingginya tingkat pengangguran terbuka (di Aceh 7,57 persen diatas rata-rata nasional yang hanya 5,61 persen).

Menurutnya, tingginya angka kemiskinan, dimana di Aceh saat ini ada sekitar 16,43 penduduk yang dikategorikan miskin, besarnya penduduk yang bekerja kurang dari 35 jam/perminggu, banyaknya penduduk yang bekerja dengan status pekerja tidak dibayar, permasalahan hubungan industrial yang masih banyak, kecelakaan kerja, dan masalah-masalah ketenagakerjaan lainnya.

Sebagaimana dilaporkan oleh Panitia pelaksana bahwa tahun 2016 sudah 14 kabupaten/kota menyusun rencana tenaga kerja (RTK), tahun ini 9 kabupaten/kota, sehingga seluruh kabupaten/kota di Aceh, telah tuntas menyusun RTK, sehingga hingga saat ini, hanya Aceh satu-satunya provinsi yang telah merampungkan penyusunan RTK.

Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan bidang perencanaan tenaga kerja dalam menata dan mengelola, agar menjadi kekuatan besar berdaya saing global.(awi)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help