Tafakur

Beruntung Orang Muslim

Orang Muslim sungguh sangat beruntung di dunia dan akhirat. Saat masih hidup di dunia didoakan untuk memperoleh kebaikan oleh orang banyak

Beruntung Orang Muslim
Tafakur

Oleh: Jarjani Usman

“Ya Allah, ampunilah dia (mayat), berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga)...” (Doa shalat jenazah).

Orang Muslim sungguh sangat beruntung di dunia dan akhirat. Saat masih hidup di dunia didoakan untuk memperoleh kebaikan oleh orang banyak. Saat mati pun masih didoakan kebaikan oleh banyak orang. Bahkan doa itu dijadikan sebagai sesuatu yang fardhu, yaitu fardhu kifayah.

Sebagaimana dalam shalat mayit, seseorang yang telah meninggal didoakan agar diampuni dosa oleh Allah, diberikan rahmat kepadanya, ditempatkannya di surga, dan berbagai doa kebaikan lainnya. Adanya kewajiban itu menandakan bahwa Allah akan mengabulkannya.

Tentunya yang mendoakan itu adalah orang-orang yang faham atau mampu secara ilmu (agama) dan mau mengamalkannya. Yaitu orang-orang yang bersedia untuk melaksanakan fardhu kifayah.

Dengan kata lain, kita beruntung dengan banyaknya orang alim, terutama ilmu agama. Karena itu, sepatutnya setiap diri kita membantu orang-orang yang sedang menuntut ilmu agar bertambah jumlah orang alim. Bukan menambah orang-orang bejat dalam masyarakat, misalnya dengan meracuni generasi muda dengan narkotika.

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help