SerambiIndonesia/

Pejabat Ikut Sosialisasi Pemberantasan Korupsi

Sejumlah anggota DPRK dan pejabat jajaran Pemko Banda Aceh, Kamis (9/3) mengikuti sosialisasi Koordinasi Supervisi

Pejabat Ikut Sosialisasi Pemberantasan Korupsi
SERAMBI/MASRIZAL
Ratusan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh dilantik oleh Plt Wali Kota Banda Aceh, Hasanuddin di aula Balai Kota Banda Aceh, Jumat (30/12/2016). 

BANDA ACEH - Sejumlah anggota DPRK dan pejabat jajaran Pemko Banda Aceh, Kamis (9/3) mengikuti sosialisasi Koordinasi Supervisi Pencegahan Pemberantasan Korupsi (Korsubgah) KPK-RI di Aula Balai Kota Banda Aceh. Materi sosialisasi itu disampaikan oleh Ketua Korsupgah KPK Wilayah Aceh, Ardiansyah.

Sosialisasi itu dihadiri oleh Pejabat Pemko Banda Aceh yang hadir di antaranya Sekdako, Bahagia bersama para Asisten dan Kabag di lingkungan Setdako Banda Aceh, serta para Kepala SKPK dan Camat se-Banda Aceh. Hadir pula Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah bersama puluhan anggota dewan lainnya.

Pada kesempatan itu, Ardiansyah menyampaikan ada 30 delik pidana korupsi yang ditangani KPK berdasarkan UU nomor 31 tahun 1999 jo UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Khusus soal pengelolaan APBD, kami lebih banyak membahas pada sisi perencanaan terutama dengan Bappeda. Kebanyakan kasus yang berhasil diungkap KPK terjadi di hilir, padahal pada saat perencanaan sudah bermasalah,” bebernya.

Ia menyebutkan, membangun sistem pencegahan korupsi tidak dapat dilakukan secara instan. Ia mencontohkan Pemko Surabaya yang membutuhkan waktu 10 tahun lebih. “Pemko Surabaya mulai melakukan perbaikan sejak 2003, dan sekarang mereka memiliki sistem e-goverment paling lengkap di Indonesia.”ujarnya kemarin.

Ia menambahkan, menangkap pelaku korupsi memang dapat dilakukan oleh KPK, tapi untuk pencegahannya KPK harus bersama-sama. KPK membutuhkan peran semua pihak, masyarakat, LSM, eksekutif dan juga legislatif.(rel/mun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help