SerambiIndonesia/
Home »

Sport

51 Wasit Ikuti Cooper Test

Sebanyak 51 wasit C1 dan C2 Aceh mengikuti cooper test atau penyegaran di trek sintetis Stadion Harapan Bangsa,

51 Wasit Ikuti Cooper Test
Para wasit mengikuti pengarahan pada brefing penyegaran wasit 

BANDA ACEH - Sebanyak 51 wasit C1 dan C2 Aceh mengikuti cooper test atau penyegaran di trek sintetis Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh. Acara yang berlangsung sehari itu dibuka Ketua Umum Asprov PSSI Aceh, Adly Tjalok di aula Hotel Jeumpa, Sabtu (11/3) malam.

Pantauan Serambi di trek sintetis Kompleks Stadion Harapan Bangsa, kemarin, ke-51 wasit Aceh diuji daya tahan fisik lewat serangkaian tes lari dengan berbagai jarak. Di bawah pantauan penguji M Amin, kemampuan fisik dan psikis para pengadil lapangan hijau itu betul-betul didrill. Targetnya melihat kesanggupan wasit sebelum mereka bertugas di dalam pertandingan.

Adly Tjalok yang didampingi Sekum Asprov PSSI Aceh, Khaidir TM mengatakan, cooper test itu merupakan program rutin yang digelar setiap tahun guna menyongsong bergulirnya kompetisi. Tujuannya, papar dia, untuk mengukur kesiapan dan ketahanan fisik serta psikis para wasit sebelum mereka bertugas di lapangan hijau.

“Makanya, dalam cooper test ini ketahanan fisik wasit betul-betul diuji lewat tes lari, baik jarak pendek maupun menengah. Kecuali itu, pengetahuan soal rule of the game para wasit juga diasah,” jelasnya kepada Serambi, kemarin.

Dia menambahkan, para wasit yang lulus dalam cooper test ini akan dipersiapkan untuk memimpin dalam kompetisi PSSI yang dijadwalkan bergulir mulai April mendatang.

“Khusus untuk wasit C1, sebelum bertugas mereka harus ikut lagi cooper test di Jakarta karena mereka diproyeksikan memimpin kompetisi tingkat nasional. Tapi, untuk wasit C2 mereka yang lulus, nanti akan langsung ditugaskan memimpin kompetisi di bawah Asprov PSSI Aceh seperti Liga Nusantara, Piala Soeratin, serta Pra-PORA,” paparnya.(pon)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help