Ribuan Peserta Ikut Olimpiade Matematika

Sebanyak 1.447 peserta tingkat SD, SMP, dan SMA di Aceh mengikuti MathFair XII, yang diadakan Himpunan Mahasiswa

Ribuan Peserta Ikut Olimpiade Matematika
Perserta Lomba Berhitung Fakultas Teknik (LBFT) sedang menyelesaikan soal dalam babak grand final, di Gedung AAC Dayan Dawood, Unsyiah. 

BANDA ACEH - Sebanyak 1.447 peserta tingkat SD, SMP, dan SMA di Aceh mengikuti MathFair XII, yang diadakan Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala (FMIPA Unsyiah). Olimpiade Matematika itu dibuka Wakil Dekan III FMIPA, Dr Rer Nat Ilham Maulana, Minggu (12/3) di kampus tersebut.

Kegiatan tahunan tersebut dilaksanakan serentak di 13 kabupaten/kota di Aceh. Untuk peserta dari Banda Aceh dan Aceh Besar, ajang itu dipusatkan di Gedung FMIPA Unsyiah. Kegiatan tersebut juga serentak dilakukan Sabang, Pidie, Pidie Jaya, Lhokseumawe, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tengah, Aceh Barat Daya, Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, dan Bener Meriah.

Wakil Dekan III FMIPA, Dr Rer Nat Ilham Maulana kepada Serambi kemarin mengatakan, olimpiade dilaksanakan satu tahap untuk setiap kabupaten/kota, dimana panitia mengambil juara 1, 2, dan 3 untuk tiap tingkatan sekolah. Selanjutnya, panitia akan memparalelkan setiap juara 1 di kabupaten/kota, lalu dipilih nilai tertinggi untuk berhak meraih juara 1 hingga 3 se-Aceh.

“Saya berharap ajang ini tidak hanya menumbuhkembangkan kecintaan kepada ilmu matematika, tetapi juga memacu semangat berkompetisi sejak sekolah dasar,” kata Dr Ilham. Menurutnya, semangat kompetisi secara sehat mulai pudar di masyarakat hari ini, sehingga banyak orang menghalalkan segala cara demi meraih kemenangan.

Dia menambahkan, juara 1 tingkat SMA se-Aceh berhak lulus tanpa tes di Prodi Matematika FMIPA Unsyiah. “Para juara akan diumumkan sekitar satu bulan ke depan,” ujar Ilham, seraya menyebut selain Mathfair, Himatika juga akan menggelar seminar nasional, aneka lomba, dan expo pada September mendatang. (fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help