Droe Keu Droe

Surat untuk Kakankemenag Aceh

PADA 30 September 2016, kami mengajukan permohonan pengembalian Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji

Surat untuk Kakankemenag Aceh

PADA 30 September 2016, kami mengajukan permohonan pengembalian Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) orang tua kami atas nama M Yusuf Nurdin dengan Nomor Porsi 0100102181, karena beliau telah meninggal dunia. Sesuai persyaratan Kantor Kementerian Agama Kabupaten (Kakankemenag) Aceh Utara ada beberapa berkas yang harus dipenuhi supaya BPIH dapat dikirim kembali ke Nomor Rekening ybs.

Namun sudah enam bulan lamanya BPIH tersebut belum juga dikirim ke rekeningnya. Saat kami pertanyakan ke Kankemenang Aceh Utara, petugas menyatakan bahwa permohonan kami sudah dikirim ke Ditjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Kementerian Agama di Jakarta, bahkan sudah tiga kali dikirim via email.

Berdasarkan fakta tersebut, kami ingin menanyakan beberapa hal kepada Bapak Kakanwil Kemenag Aceh dan Kakankemenang Aceh Utara sbb: 1. Apakah proses pengembalian BPIH membutuhkan waktu lama sama halnya dengan antrean JCH yang memakan waktu 10-20 tahun?;

2. Kalau memang pihak Kementerian Agama kab/kota sudah menyurati berulang kali ke Kementerian Agama di Jakarta, namun tidak ada respon sudah sekian lama tidakkah dapat dipertanyakan secara langsung kesana. Saya kira kab/kota punya link yang jelas ke pusat; 3. Apakah memang dikenakan biaya administrasi, jika memang ada, mengapa tidak beritahukan secara langsung.

Pekan lalu orang tua kami (istri almarhum) mendatangi Kankemenag Aceh Utara untuk menjumpai kepala kantor guna mempertanyakan kejelasan pengembalian BPIH tersebut, bukan untuk mengemis. Tapi ada yang didapat, saat ditanya pada Satpam katanya kepala kantor sedang rapat, ditanya ke pegawai lainnya dijawab beliau tidak masuk karena ada acara maulid hari itu. Jika bapak Kakankemenag Aceh membaca surat ini mohon dapat diklarifikasi bagaimana sebenarnya proses pengembalian BPIH. Jangan masyarakat dipermainkan dan dibola-bolai seenaknya. Terima kasih.

Sulaiman M. Djamil, S.Sos
Warga Tanah Luas, Aceh Utara Email: mann_pasee@yahoo.co.id

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help