Tafakur

Hamba Berpaling

Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya

Hamba Berpaling

Oleh Jarjani Usman

“Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta” (QS. Thaha: 124).

Seringkali sangat mudah bagi kita menghakimi orang lain sebagai hamba-hamba yang telah sesat. Tetapi tak mau berpikir dan tak merasa gundah tentang keadaan diri sendiri yang sering juga berpaling dari Kitab Suci itu.

Seperti saat memakan harta haram, malah ingin menyembunyikan perbuatan yang jelas salah besar itu. Berapa banyak para pejabat negara yang mengorupsi uang negara hingga trilyunan Rupiah. Sangat besar jumlahnya! Bukannya mengakui diri saat kasus itu terungkap, mereka malah terus berusaha agar dianggap tak bersalah.

Padahal mengakui kesalahan dan memohon ampun adalah bagian dari upaya bertaubat dari kesalahan. Bahkan seseorang yang bertaubat menangis menyesali perbuatannya. Lebih-lebih perbuatan yang merugikan jutaan orang lain.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help