Dinsos Gelar Rakor Program Kegiatan Bencana Sosial

Dinas Sosial (Dinsos) Aceh, 13-14 Maret 2017 mengadakan rapat koordinasi (rakor) tentang program

Dinsos Gelar Rakor Program Kegiatan Bencana Sosial

BANDA ACEH – Dinas Sosial (Dinsos) Aceh, 13-14 Maret 2017 mengadakan rapat koordinasi (rakor) tentang program kegiatan bencana sosial di Hotel Grand Aceh, Banda Aceh. Rakor yang diikuti 40 peserta yang terdiri atas kepala dinas sosial (kadis) dan kepala bidang linjamsos dari kabupaten/kota itu dibuka Kadis Sosial Aceh, Drs Alhudri MM, Senin (13/3).

Alhudri dalam sambutannya antara lain mengatakan, bencana sosial adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa sosial yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Menurut Alhudri, kegiatan bantuan sosial korban bencana sosial yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Aceh ke depan diarahkan pada tiga tahapan penanggulangan bencana sosial yang difokuskan untuk mencegah terjadinya potensi bencana sosial dengan mewujudkan masyarakat yang berketahanan sosial. Dikatakan, bencana sosial merupakan jenis bencana yang memerlukan penanganan secara komprehensif, efektif, cerdas dan progresif, serta tanpa mengorbankan nilai-nilai kemanusian dengan secara kultur yang melingkupinya.

“Kami berharap peserta rakor bersifat arif dalam merancang dan melaksanakan penanganan bencana sosial, khususnya dalam penanganan tanggaap darurat,”ujar Alhudri, dengan harapan dalam penanganan itu dapat dikembangkan sesuai dengan situasi dan kondisi permasalahan di masing-masing tempat.

Sementara itu, Ketua Panitia Abdussalam SSos Msi kepada Serambi, menjelaskan, tujuan rakor itu adalah untuk menyamakan persepsi peserta dalam meningkatkan keserasian sosial di masyarakat, meningkatkan pengetahuan, peran, dan wawasan tentang program-program yang berkaitan dengan perlindungan sosial korban bencana sosial masyarakat, serta tercapainya kegiatan kesesuaian program korban bencana sosial pada semua instansi sosial di Aceh.

Narasumber yang diundang, sebut Abdussalam, yaitu satu orang dari PSKSBS Kementerian Sosial RI dan lima orang dari Dinas Sosial Aceh. “Hasil yang kita harapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya peran, tugas, dan tanggung jawab serta mempertajam pemahaman tentang bantuan sosial korban bencana sosial sehingga dapat diaplikasikan guna untuk memelihara keberhasilan yang dicapai dalam penanggulangan bencana secara akurat dan tepat waktu,” ungkap Abdussalam yang juga Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos Aceh.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help