Bupati belum Teken Perbup APBDes

Peraturan Bupati (Perbup) tetang Anggaran Pembangunan dan Belanja Dana Desa tahun 2017 belum diteken

Bupati belum Teken Perbup APBDes
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
Keuchik presentasi lomba perencanaan dana desa di aula Bappeda Aceh Barat 

SINGKIL - Peraturan Bupati (Perbup) tetang Anggaran Pembangunan dan Belanja Dana Desa tahun 2017 belum diteken Bupati Aceh Singkil, Safriadi. Sehingga APBDes belum bisa diusulkan pencairannya kepada Kementrian Keuangan.

Padahal sudah memasuki bulan ketiga tahun anggaran berjalan 2017. Jika tidak lekas terealisasi dikhawatirkan dana desa tidak terserap tepat waktu. Apalagi berdasarkan pengalaman selama tiga tahun, penggunaan dana desa selalu terlambat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Kabupaten Aceh Singkil, Hermanto, Rabu (15/3) membenarkan, Pergub Anggaran Pendapatan dan Belanja Dana Desa (APBDes) belum ditanda tangan bupati. “Betul APBDes tinggal menunggu diteken bupati. Setelah diteken selanjutnya akan disampaikan kepada Menteri Keuangan,” kata Hermanto.

Menurut Hermanto, jika dana APBDes yang dari APBN sudah ditransfer pusat ke rekening daerah Pemkab Aceh Singkil. Tidak serta merta bisa ditransfer ke rekening desa. Penyebabnya desa harus membuat laporan pertanggungjawaban APBDes tahun 2016.

Sejauh ini sebut Hermanto, dari 116 desa di Kabupaten Aceh Singkil, baru sekitar 10 persen atau 12 desa yang menyerahkan laporan keterangan pertanggung jawaban APBDes. “Desa tidak bisa langsung mengajukan penarikan harus buat LKPJ tahun lalu. Sejauh ini baru 10 persen yang sudah menyelesaikan LKPJ APBDes. Sambil berjalan kami mendorong LKPJ segera dibuat,” ujarnya.

Pada bagian lain Hermanto, menyatakan penerapan sistem kuangan desa (Siskodes) di daerahnya belum bisa dilaksanakan tahun ini. Lantaran terkendala kemampuan sumber daya manusia aparat desa. “Siskodes target kami diterapkan tahun 2018 daerah lain sudah menerapkan. Tahun ini kami melakukan pelatihan Siskodes, sehingga tahun 2018 bisa dilaksanakan,” tukas Hermanto.

Sementara itu, Asisten I Setdakab Aceh Singkil, Mohd Ichsan, ketika dikonfirmasi mengatakan, Perbup belum diteken lantaran Bupati sedang dinas luar daerah. “Setelah pulang segera diteken,” kata Ichsan.

Anggaran dana desa tahun 2017 sekitar Rp 182.237.771.158. Dengan rincian berasal dari APBN Rp 89.900.271.000, sumber APBK Rp 46.168.750.079 dan sumber alokasi dari pajak dan retribusi Rp 647.252.500.(de)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help