Bupati Abes Pertahankan Lahan Sawah Produktif

Bupati Aceh Besar, Mukhlis Basyah SSos didampingi Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Ahmad Daniel Chardin

Bupati Abes Pertahankan Lahan Sawah Produktif
BUPATI Aceh Besar, Mukhlis Basyah SSos didampingi Kasdam Iskandar Muda, Brigjen TNI Ahmad Daniel Chardin, staf ahli Mentan, Ir Mukhti Sarjono MS dan pejabat terkait lainnya melakukan panen raya musim tanam rendengan 2016/2017 di Gampong Lingom, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, Kamis (16/3). 

* Panen Raya di Gampong Lingom

JANTHO - Bupati Aceh Besar, Mukhlis Basyah SSos didampingi Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Ahmad Daniel Chardin, staf ahli Mentan Ir Mukhti Sarjono MS dan pejabat terkait lainnya melakukan panen raya musim tanam rendengan 2016/2017 di Gampong Lingom, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, Kamis (16/3).

Mukhlis Basyah kepada wartawan usai acara panen raya itu mengatakan, bahwa dirinya tetap akan mempertahankan areal persawahan produktif agar tidak dijadikan permukiman penduduk. Katanya, kini Aceh Besar memiliki luas lahan baku sawah 31.845 Ha, dan luas lahan produktif 29.818 Ha. Sedangkan realisasi tanam tahun 2016 seluas 11.641 Ha (105,54 persen) dari luas sasaran tanam 11.030 Ha.

Karena itu, terdapat kelebihan tanam 611 Ha dari luas area yang direncanakan. Sedangkan produksi mencapai 69.868,48 ton Gabah Kering Panen. “Kita tetap mempertahankan lahan sawah produktif agar tidak berubah fungsi, seperti jadi permukiman penduduk atau yang lainnya,” ujar Mukhlis Basyah.

Bupati Aceh Besar itu juga memberi contoh, telah beralih fungsi areal persawahan beberapa hektare di Kecamatan Darul Imarah pascamusibah tsunami yang dijadikan permukiman penduduk. Dengan harapan ke depan hal seperti itu tidak terjadi lagi di kecamatan lain.

Dalam kesempatan itu juga dipaparkan, panen raya kerja sama Pemkab Aceh Besar dengan TNI AD itu mengikutsertakan semua SKPD terkait, para camat, penyuluh, KTNA, keuchik, dan masyarakat/petani di Kecamatan Indrapuri.

Sementara itu, Kasdam Iskandarmuda, Brigjen TNI Ahmad Daniel Chardin sangat senang dengan kerja keras semua pihak, termasuk petani yang sudah begitu serius mengusahakan lahan pertaniannya. Dengan tercapainya produksi yang maksimal dalam panen raya saat ini, diharapkan kesejahteraan dan pendapatan petani Aceh Besar terus meningkat.

Pada bagian lain, Kasdam IM mengharapkan agar Pemkab Aceh Besar dan instansi terkait lainnya terus bekerja maksimal, sehingga daerah tersebut bisa terus swasembada pangan. Dia berkeyakinan, potensi sektor pertanian dapat terus dikembangkan untuk mencapai kesejahteraan masyarakatnya.

Kadis Pertanian Aceh Besar, Ahmad Tarmizi SP MM menjelaskan, luas baku sawah tahun 2016 untuk penggunaan tahun 2017 di Aceh Besar yang ditanami padi mencapai 29.818 Ha dengan menghasilkan gabah kering panen mencapai 6,2 ton/hektare. “Alhamdulillah, panen raya ini sangat membahagiakan kita semua,” jelasnya.(mis)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help