SerambiIndonesia/

Fachrul Razi: UUPA Harus jadi Acuan MK

TERPISAH, Senator asal Aceh, Fachrul Razi, meminta MK agar dalam menangani sengketa Pilkada Aceh harus mengacu pada UUPA

Fachrul Razi: UUPA Harus jadi Acuan MK
net
Ilustrasi

TERPISAH, Senator asal Aceh, Fachrul Razi, meminta MK agar dalam menangani sengketa Pilkada Aceh harus mengacu pada UUPA. “Aceh itu punya undang-undang khusus. Itu harus jadi acuan MK,” katanya di Jakarta, Jumat (17/3).

Ia mengatakan, ada beberapa tahapan pilkada yang bertentangan dengan UUPA, karena itu putusan MK akan lebih bijak jika Pilkada di Aceh diulang dengan menggunakan dasar hukum UUPA.

“Sengketa pilkada di Aceh sebenarnya harus diselesaikandengan merujuk kepada UUPA, dimana MK harus menerima gugatan, karena jika sengketa diselesaikan dengan UUPA, sengketa pilkada tak menggunakan selisih suara, MK harus menerima gugatan, serta pemenang pilkada Aceh masuk tahap dua, ini karena tak satu pun calon gubernur yang memperoleh persentase 50 plus 1,” demikian Fachrul Razi.

Ia juga menyebutkan, jika sengketa pilkada Aceh menggunakan UU Pilkada, MK harus membatalkan pencalonan Irwandi Yusuf karena tak memenuhi persyaratan soal 20 persen dukungan di DPR Aceh.

“Hanya maju dengan 15 persen dukungan di DPR Aceh atau 13 kursi. Sedangan untuk UU Pilkada harus 20 persen atau minimal 17 kursi di DPR Aceh. MK harus benar-benar tegas dan adil dalam memberikan keputusan terhadap sengketa tersebut,” tukasnya.(dan/fik)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help