Satpam Lafarge Dilatih Pertolongan Pertama

Sebanyak 80 satuan pengamanan (Satpam) PT Lafarge Cement Indonesia (LCI) dilatih Pertolongan Pertama (PP)

Satpam Lafarge Dilatih Pertolongan Pertama
Pekerja mengikat tali untuk menarik kembali kapal Sentana Cargo Belawan yang terdampar di pantai wisata, Lhoknga, Aceh Besar, Minggu (6/1/2014). Kapal yang berisi 7.000 ton batu bara dari Bengkulu tujuan Pelabuhan PT Lafarge Cemen Indonesia (LCI), Lhoknga, Aceh Besar, terdampar setelah mengalami putus tali akibat angin kencang Minggu dini hari. SERAMBI/M ANSHAR

BANDA ACEH - Sebanyak 80 satuan pengamanan (Satpam) PT Lafarge Cement Indonesia (LCI) dilatih Pertolongan Pertama (PP) di kantor perusahaan tersebut di Lhonknga, Aceh Besar. Pelatihan yang berlangsung sejak 14 hingga 20 Maret 2017 itu difasilitasi Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh.

Direktur Utama PT Tamita Dian Lestari sebagai pemasok tenaga kerja di LCI, Bustami SE, Kamis (16/3) mengatakan, sebagai tenaga pengamanan pabrik semen, para satpam dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan dasar di antaranya pertolongan pertama. “Materi PP selalu di-refresh setiap tahunnya, agar satpam siap siaga dalam bertugas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PMI Banda Aceh Qamaruzzaman Hagny melalui fasilitator PMI Banda Aceh, Maskur mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan agar peserta mampu memberikan pertolongan pertama dengan cepat dan tepat kepada korban. Sehingga dapat mencegah terjadinya cacat, dan mempercepat proses penyembuhan.

“Pelatihan ini tidak berfokus pada teori saja. Sebab semua peserta juga dilibatkan dalam praktik dan simulasi,” ujarnya di sela pelatihan itu. Menurutnya, dalam pelatihan tersebut peserta akan mengenal lebih dalam terkait pendarahan, Resusitasi Jantung Paru (RJP), pembidain, pingsan, dan pemindahan. Menurutnya, RJP efektif membuka kembali jalan napas korban yang menyempit atau tertutup sama sekali. “Pertolongan ini sangat dibutuhkan bagi orang tenggelam, serangan jantung, atau sesak napas,” jelasnya. (fit)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help