SerambiIndonesia/

Sawah Kering, Petani Meurah Mulia Resah

Sebagian petani di Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, resah karena arela persawahan di kawasan itu dilanda kekeringan

Sawah Kering, Petani Meurah Mulia Resah
RATUSAN warga Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, melaksanakan shalat istisqa meminta hujan di tengah sawah di Gampong Lamreh, Aceh Besar, Minggu (3/8) pagi. Shalat minta hujan tersebut dilakukan warga setelah didera kemarau panjang. SERAMBI/BUDI FATRIA 

LHOKSEUMAWE - Sebagian petani di Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, resah karena arela persawahan di kawasan itu dilanda kekeringan. Padahal, ada petani yang baru saja menyemai bibit.

M Yunus asal Keude Karieng bersama petani lannya Muhammad, Rabu (15/3) mengatakan, saat ini petani di Meurah Mulia tidak melakukan tanam serentak. Sebagian ada yang hampir panen, sebagian lagi baru menyemai bibir, dan ada yang baru mengolah tanah untuk menyemai bibit.

Tapi sekarang, sawah kering karena saluran untuk mengaliri air dari Krueng Pase tidak berfungsi maksimal. Karena kekeringan ini, petani tidak bisa menanam bibit. Sedangkan yang sudah menyemai bibit khawatir padi akan mati jika kekeringan berlanjut.

Para petani berharap perhatian Pemerintah dengan melakukan normalisasi saluran serta upaya mobilisasi para petani di kawasan itu agar ke depan penanaman padi dilakukan serentak.(bah)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help