SerambiIndonesia/

Sejumlah Kadis Dicopot Kembali Bertugas

Sejumlah Kepala Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) atau kepala dinas (kadis) yang dicopot oleh Gubernur Zaini Abdullah

Sejumlah Kadis Dicopot Kembali Bertugas
SERAMBI/M ANSHAR
Gubernur Aceh, Zaini Abdullah melantik 33 pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Aceh di Ruang Serba Guna Kantor Gubernur Aceh, Jumat (10/3/2017). SERAMBI/M ANSHAR 

BANDA ACEH - Sejumlah Kepala Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) atau kepala dinas (kadis) yang dicopot oleh Gubernur Zaini Abdullah kembali bertugas. Ada yang sudah masuk langsung ke kantor dan ada pula yang masih sebatas melaksanakan rapat staf di luar kantor. Selain itu ada juga yang masih menunda masuk hingga Senin (20/3).

Informasi yang dihimpun Serambi, Kepala SKPA yang sudah ngantor antara lain Kadis Kehutana dan Lingkungan Hidup Husaini Syamaun, Kadis Peternakan Aceh Raihanah, dan Kadis Infokom dan Persandian Helvizar Ibrahim.

Kadis Pertanian dan Perkebunan Abubakar Karim MS sejak diberhentikan pada 10 Maret 2017 mengaku langsung balik ke kampus mengajar di Fakultas Pertanian Unsyiah dan di USU Medan setiap hari Jumat.

Sedangkan penggantinya, Hasanuddin Darjo, mulai Sabtu (11/3), langsung masuk kantor, tapi di Dinas Perkebunan.

Seorang Kepala SKPA lainnya, yaitu Kadis Infokom dan Persandian Helvizar Ibrahim, meski belum masuk kantor tetapi yang bersangkutan langsung menggelar rapat staf di rumahnya sesaat setelah mendarat di Bandara SIM Blangbintang dari Jakarta, Jumat siang kemarin.

Pejabat eselon II lainnya, yaitu Kadisperindag Arifin Hamid, Kadis Pengairan Syamsul Rizal, dan Kepala Biro Pembangunan Anwar Ishak dan sejumlah lainnya mengatakan akan masuk kantor Senin (20/3).

Husaini Syamaun, satu dari 18 pejabat eselon 2 Pemerintah Aceh yang diberhentikan Gubernur Zaini kembali masuk kantor, Kamis (16/3).

Menurut Husaini, dia masuk kantor selain karena belum menerima SK pemberhentian juga ada pernyataan dari Dirjen Otda Kemendagri, Soni Soemarsono yang menyatakan pelantikan 33 pejabat eselon 2 oleh Gubernur Zaini tidak sah atau ilegal. Alasan serupa juga disampaikan Kadis Peternakan, Raihanah.

Husaini juga berharap Kadis Kehutanan dan Lingkungan Hidup yang baru, Saminuddin B Tau MSi yang sebelumnya Kabid Planologi pada Dinas Kehutanan dan Lingkungan Aceh untuk bersabar menunggu SK yang akan diterbitkan Mendagri.

Mengenai adanya Kepala SKPA yang akan masuk kantor pada Senin (20/3), karena ada info yang menyebutkan bahwa Dirjen Otda Soni Soemarsono meminta Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf, pada hari Senin lusa melaksanakan apel untuk menjelaskan hasil pertemuan antara Dirjen Otda dengan Pimpinan dan Komisi I DPRA.

Pada apel Senin di halaman Kantor Gubernur Aceh, Dirjen Otda berharap Pimpinan DPRA dan Komisi I ikut hadir untuk menyampaikan hasil pertemuan dengan Dirjen Otda dan Mendagri Tjahyo Kumolo.(her/nas)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help