SerambiIndonesia/

Pasien Cuci Darah Capai 600-an Orang

Jumlah pasien cuci darah akibat bermasalah pada kesehatan ginjal saat ini di Aceh mencapai 600-an orang

Pasien Cuci Darah Capai 600-an Orang

* Warga Diminta Sering Mengontrol

 BANDA ACEH - Jumlah pasien cuci darah akibat bermasalah pada kesehatan ginjal saat ini di Aceh mencapai 600-an orang. Hal itu diungkapkan oleh dokter spesialis ginjal, Dr Maimun Syukri SpPD KGH Finasim dalam Seminar Kesehatan Ginjal dalam rangka peringatan hari ginjal sedunia, Sabtu (18/3) di Klinik Prodia Lampriek, Banda Aceh.

Menurutnya, saat ini angka warga yang bermasalah dengan ginjal terus meningkat setiap tahun. Bahkan untuk Banda Aceh sendiri sudah mencapai 130-an pasien yang rutin menjalani cuci darah. Sehingga menurutnya, sosialisasi maupun kampanye untuk menjaga kesehatan ginjal sangat penting dilakukan secara rutin.

Disebutkan juga, setiap hari Kamis kedua pada bulan Maret di seluruh belahan dunia memperingati hari ginjal dengan tema yang berbeda-beda. Tahun ini mengangkat tema ‘Ginjal dan obesitas.’ Sebab, lanjut Dr Maimun, obesitas merupakan salah satu penyebab penyakit ginjal.

Sehingga ia mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai faktor resiko ginjal dan harus sering mengontrol kesehatan, seperti mengontrol gula darah, tensi darah, hingga lemak yang ada di dalam tubuh, karena dengan itu semua dapat terhindar dari kerusakan ginjal. Selain itu, juga tak kalah penting menjaga kestabilan tubuh dan mengatur pola makan, sehingga terhindar dari obesitas. 

“Begitu juga bagi pasien yang ginjal sudah rusak, harus semakin rajin mengontrol agar tidak jatuh pada ke tahap harus cuci darah,” Dr Maimun.

Sementara itu, Branch Manager Prodia Banda Aceh, Indah Dwi Syahputri ST mengatakan, seminar tentang ginjal itu dihadiri ratusan peserta, dengan menghadirkan pembicara dari ahli ginjal yaitu Dr Maimun Syukri SpPD KGH Finasim dan Dr Abdullah SpPD KGH, serta Indah Dwi Syahputri.

Katanya, dalam kegiatan itu Prodia juga membantu menskrining ginjal guna mengenali kondisi ginjal. Bahkan beberapa peserta juga mendapatkan voucher pemeriksaan ginjal dan souvenir lainnya. Sebelumnya, prodia juga melakukan sosialisasi ke sejumlah instansi maupun organisasi.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help