L-300 Dialihkan ke Jalan Pase

Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe, mulai mengalihkan terminal bagi angkutan antar kota dari Terminal

L-300 Dialihkan ke Jalan Pase

* Dishub Minta Pedagang tak Jualan Lagi di Area Terminal

LHOKSEUMAWE - Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe, mulai mengalihkan terminal bagi angkutan antar kota dari Terminal Tipe A Cunda ke terminal labi-labi di Jalan Pase. Angkutan umum yang dialihkan yaitu L-300, jumbo, dan bus berbadan sedang atau yang biasa disebut BE.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Lhokseumawe, Ishaq Rizal, kepada Serambi, Minggu (19/3) mengatakan, pemindahan loket angkutan antar kota jenis L-300, jumbo, dan BE karena Terminal Tipe A Cunda sudah diambil alih pengelolaannya oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Karena itu, kata Ishaq, Terminal Tipe A Cunda hanya digunakan untuk bus antar kota antar provinsi (AKAP). “Karena sudah dikelola oleh Kementerian, tidak mungkin lagi angkutan antar kota kita tempatkan lagi di terminal Cunda. Makanya kita alihkan ke terminal labi-labi di Jalan Pase,” kata Ishaq Rizal.

Diakuinya, pemindahan loket bagi angkutan antar kota saat ini baru memasuki tahap sosialisasi. Namun, bagi armada yang ingin langsung pindah dipersilakan. “Batas waktu untuk semua angkutan antar kota pindah ke terminal labi-labi 1 April nanti,” kata Kadishub Lhokseumawe.

Ishaq Rizal menambahkan, dengan dipindahkannya loket angkutan antar kota ke terminal labi-labi, maka terminal tersebut akan berfungsi 24 jam. Karena itu, pihaknya mengimbau kepada pedagang yang selama ini setiap malam berjualan di dalam terminal, agar menghentikan aktivitasnya di dalam terminal mulai 31 Maret 2017.

“Kepada pedagang yang selama ini berjualan di dalam terminal, silakan berjualan di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan, serta tidak lagi menggunakan areal parkir terminal,” ujarnya.

Sementara jalan masuk angkutan antar kota tersebut, kata Ishaq Rizal, direncanakan melalui Jalan Merdeka Barat lalu berbelok di Simpang Kasih Ibu masuk ke Jalan Merdeka Timur, lalu masuk ke Jalan Pase hingga sampai terminal. Angkutan antar kota tersebut keluar dari Jalan Pase, berbelok mengitari Stadion Tunas Bangsa dan ke Jalan Merdeka Timur.

Kadishub Lhokseumawe, Ishaq Rizal menyebutkan, saat ini sudah tersedia delapan unit loket di terminal labi-labi di Jalan Pase. Tahun ini pihaknya akan membangun 10 loket baru, agar semua armada nanti memiliki loket. (bah)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help