SerambiIndonesia/

PDGI Gelar Sikat Gigi Massal

Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Bener Meriah menggelar sikat gigi massal di Kecamatan Timang Gajah

PDGI Gelar Sikat Gigi Massal
Sebanyak 1000 siswa SD melakukan sikat gigi massal, yang dilakukan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Bener Meriah, kegiatan yang bertujuan untuk menananamkan pola prilaku kesehatan, tentang pentingnya sikat gigi, dan pengunaan sikat gigi yang baik dan benar. Kegiatan itu dilaksanakan di SDN 2 Timang Gajah, Kecamatan Timang Gajah, Senin (20/3). SERAMBI/MUSLIM ARSANI 

* Diikuti 1.000 Murid SD

REDELONG - Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Bener Meriah menggelar sikat gigi massal di Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah, Senin (20/3). Kegiatan yang dipusatkan di SDN 1 Lampahan itu diikut 1.000 murid dari lima Sekolah Dasar (SD) dibawah Dinas Pendidikan (Disdik), bagian dari peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Dunia.

Ketua panitia, drg Asma Ulhusna, mengatakan kegiatan sikat gigi massal ini untuk mengubah prilaku kesehatan anak , tentang pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut melalui sikat gigi. “Intinya, mengubah prilaku anak untuk hidup sehat dengan menyikat gigi dengan baik dan benar setiap hari,” jelas Asma Ulhusna.

Menurutnya, para murid SD itu juga dilakukan pemeriksaan kesehatan mulut dan gigi dengan jumlah 50 anak. Dikatakan, pemeriksaan itu sebagai bahan evaluasi untuk melihat tingkat pengetahuan seorang anak atas bimbingan yang diberi para dewan guru selama ini. “Kami akan melakukan tindak lanjut atas pemeriksaan gigi dan mulut para murid pada 21 hari mendatang,” ujarnya.

Disebutkan, pemeriksaan kembali itu untuk melihat pola kesehatan gigi dan mulut yang sudah diajarkan, apalah sudah benar-benar diterapkan oleh anak-anak atau tidak. “Makanya, kita tetapkan 21 hari untuk pemeriksaan kembali, apakah melakukan sikat gigi secara teratur setiap hari atau tidak,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Bener Meriah, dr Aliyen mengatakan, sosialisasi kesehatan akan terus digalakkan, untuk menjaga kesehatan, terutama gigi dan mulut masyarakat. “Kita harapkan, dengan kegiatan seperti ini, maka masyarakat terutama para murid SD ini sudah mengerti pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi, serta menyikat gigi dengan benar,” kata dr Aliyen.

Dia mengungkapkan, banyak orangtua yang masih menganggap biasanya atas sakit gigi yang menimpa anaknya. Padahal, sebutnya, sakit gigi dapat mempengaruhi kesehatan lainnya pada anak sekolah, termasuk bermasalahnya pola makan. “Saya sangat mengapresisasi kegiatan yang bermanfaat seperti ini, terlebih mengikut sertakan sebanyak 1.000 murid SD, tentu menjadi bahan pembelajaraan bagi mereka,” sebut dr Aliyen.

Dikatakan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bener Meriah juga mengucapkan selamat Hari Gigi Dunia yang dilakukan oleh PDGI Bener Meriah. Dijelaskan kegiatan ini dilaksanakan selaras dengan program Kemenkes yaitu Indonesia bebas Caries gigi tahun 2030.

Disebutkan, berdasarkan hasil riset menunjukkan bahwa prilaku masyarakat dalam menyikat gigi dengan benar setelah makan pagi dan sebelum tidur malam hanya 2,3 persen. Makanya, sebutnya, masih perlu disosialisasikan cara menyikat gigi dengan baik dan benar kepada masyarakat, khususnya para murid SD dan juga pada Pendidikan Anak Usia Dinia (PAUD).(c51)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help