PDGI Lakukan Pemeriksaan Gigi Massal

Sehubungan dengan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia (World Oral Health Day 2017), pada 20 Maret

PDGI Lakukan Pemeriksaan Gigi Massal
Dokter Gigi yang tergabung dalam Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Banda Aceh melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut anak-anak SDIT Nurul Ishlah, Banda Aceh, Senin (20/3) pagi. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari kesehatan gigi dan mulut dunia tahun 2017 atau World Oral Health Day (WOHD) yang diperingati setiap tanggal 20 maret. SERAMBI/BUDI FATRIA 

BANDA ACEH - Sehubungan dengan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia (World Oral Health Day 2017), pada 20 Maret kemarin, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Aceh, menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut secara massal.

Ketua Pengurus Wilayah (PW) PDGI Aceh, drg Eka Darma Putra MARS mengatakan, acara yang diselenggarakan serentak se-Indonesia itu, bertujuan meningkatkan kepeduliaan masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan dalam meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku hidup sehat melalui pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Secara umum kasus gigi berlubang masih tinggi, maka perlu terus ditingkatkan edukasi tentang kebersihan dan merawat gigi dan mulut bagi murid-murid,” ujar Eka, seraya menambahkan pihaknya juga telah memberikan stiker, dan itu harus ditempel pada selembar form, setiap mereka menyikat gigi. Tentunya, tambah Eka, pengawasan kejujuran anak kami serahkan kepada orang tua masing-masing dan guru di sekolah dan akan dievalusia 4 minggu kemudian.

Ada tiga kegiatan di acara yang bertema Live Health Smart with Healthy Mouth. Yaitu penyuluhan, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, serta sikat gigi bersama, yang juga melibatkan 70 dokter gigi se-Banda Aceh.

Untuk Banda Aceh, acara yang diikuti sekitar seribu anak tersebut di pusatkan di SDN 56 dan SDIT Nurul Islah. Dari 100 cabang PDGI di Aceh, ada 4 cabang yang terpilih untuk menyelenggarakan gerakan bersama ini. Yaitu PDGI Cabang Kota Banda Aceh, Bener Meriah, Aceh Tamiang, dan Cabang Kota Langsa.

Sementara itu, ribuan murid di SDIT Nurul Ishlah dan SD 56, Ulee Kareng, Banda Aceh, Senin (20/3) mengikuti kegiatan pemeriksaan gigi, cuci tangan dan menggosok gigi massal dilaksanakan di sekolah masing-masing. Kegiatan itu dilaksanakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Banda Aceh.

Panitia Pelaksana, Drg Diana Maya mengatakan, kegiatan itu rutin dilaksanakan PDGI selama beberapa tahun terakhir. Dalam kegiatan kemarin, di SD 56 terdapat sekitar 600-an murid dan SDIT Nurul Ishlah terdapat sekitar 400-an murid. Kegiatan diawali dengan menggosok gigi bersama, anak-anak diajari mengenai cara menggosok gigi yang benar dan cara menggosok gigi sambil menari, serta cara mencuci tangan.

Wakil Kepala SDIT Nurul Ishlah, Irwan Haref SHi mengatakan, antusias murid dalam kegiatan sangat tinggi. Ia berharap kegiatan serupa dapat terus berlanjut, agar anak-anak mendapat edukasi kesehatan gigi.(nan/mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help