Pemkab Aceh Utara Jaring Calon Dirut PD Bina Usaha

Pemkab Aceh Utara mulai menjaring calon Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Bina Usaha

Pemkab Aceh Utara Jaring Calon Dirut PD Bina Usaha
Aparat keamanan mencegah aksi penghadangan mobil dinas Gubernur Aceh oleh aktivis dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Aceh saat aksi demo di halaman Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Senin (20/3/2017). Mahasiswa mempertanyakan beberapa masalah yang sedang terjadi di Aceh kepada Gubernur Zaini Abdullah. Di antaranya pelantikan pejabat yang dinilai kontroversial dan kejelasan KEK Arun Lhokseumawe. SERAMBI/M ANSHAR 

LHOKSUKON - Pemkab Aceh Utara mulai menjaring calon Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Bina Usaha yang baru, menggantikan Yusuf Abdullah yang sudah mengundurkan diri. Sejaksetahun yang lalu, Dirut PD Bina Usaha dijabat Pelaksana Tugas (Plt) Jufriansyah SE.

“Pendaftaran calon direksi kita buka mulai 30 Maret sampai 5 April,” kata Plt Sekda Aceh Utara Abdul Aziz kepada Serambi, Jumat (31/3). Tahapan seleksi, kata Abdul Aziz, antara lain wawancara dengan badan pengawas serta penyerahan berkas hasil verifikasi badan pengawas kepada Bupati Aceh Utara.

Selanjutnya, berkas calon direksi diserahkan kepada DPRK Aceh Utara untuk dilaksanakan fit and proper test. “Pada akhir April hasil seleksi sudah diumumkan,” kata Abdul Aziz. Persyaratan yang harus dipenuhi calon antara lain, minimal berpendidikan strata satu (S1) dan memiliki pengalaman manajerial dalam perusahaan.

Selain itu, memiliki banyak jaringan bisnis, karena banyak sekali item pekerjaan yang bisa dilakukan PD Bina Usaha dalam KEK Arun dengan pihak lain nantinya. “Kita harapkan Dirut PD Usaha ke depan dapat memajukan perusahaan dan tidak bergantung anggaran pada APBK, sehingga perusahaan itu bisa mandiri,” katanya.

Misalnya kata Plt Sekda, ketika harga gabah masyarakat mulai turun, mereka harus mampu menampungnya dengan harga yang standar, sehingga petani tidak dipermaikan para tengkulak. Begitu juga dengan komoditas pertanian lainnya. Dengan demikian, bukan hanya petani yang diuntungkan, tapi juga perusahaan.

“Karena itu kita butuh figur calon dirut yang berkeinginan untuk membangun prekonomian Aceh Utara dan memiliki pengalaman, sehingga perusahaan daerah itu dapat berjalan dengan baik,” pungkas Sekda.(jaf)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved