Wartawan Singkil Unjuk Rasa

Belasan wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Antikekerasan berunjuk rasa di Simpang Empat Rimo

Wartawan Singkil Unjuk Rasa
SERAMBI/DEDE ROSADI
Belasan wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Anti Kekerasan menaburkan bungan di atas kartu pers saat unjuk rasa di Bundara Simpang Empat Rimo, Gunung Meriah, Aceh Singkil. Aksi itu sebagai bentuk protes terhadap kekerasan yang dialami pewarta di sejumlah daerah, Jumat (31/3) 

* Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis

SINGKIL - Belasan wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Antikekerasan berunjuk rasa di Simpang Empat Rimo, Gunung Meriah, Aceh Singkil, Jumat (31/3). Aksi itu sebagai bentuk solidaritas terhadap kekerasan yang dialami sejumlah pekerja media di beberapa daerah. Massa juga membawa poster berisi tuntutan serta menggelar aksi teatrikal, menggambarkan kekerasan terhadap pers.

Dalam orasinya massa yang merupakan gabungan wartawan dari Aceh Singkil dan Kota Subulussalam, mendesak polisi segera mengungkap aktor intelektual pembunuhan wartawan mingguan di Medan dan menangkap pelaku pengancaman terhadap wartawan Serambi Indonesia dan Antara di Aceh Selatan serta penganiaya jurnalis i-News Tv di Sumatera Utara. Edi Sugianto dalam orasinya mengatakan, kekerasan terhadap wartawan merupakan bentuk pembungkaman terhadap kebebasan pers. “Kami meminta negara memberikan perlindungan kepada wartawan dalam menjalankan tugasnya,” kata Edi Sugianto.

Sementara orator lainnya Idrus Syaputra Lingga, mengatakan wartawan jangan takut terhadap preman. Tetap bekerja menyuarakan kepentingan publik. “Kita bersatu lawan kekerasan. Kami pewarta bukan pemabawa petaka,” teriak Idrus. Unjuk rasa ditutup dengan mengumpulkan kartu pers di atas poster. Selanjutnya massa menabur bunga secara bersama-sama sebagai tanda matinya kebebasan pers. Aksi pekerja media itu, mendapat pengawalan aparat kepolisian.(de)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved