Guru SMA/SMK Se-Aceh Ikut TOT Modul Pembinaan Syariat

Ratusan guru SMA/SMK se-Aceh ikut traning of trainer (TOT) modul pembinaan syariat Islam di Hotel Grand Aceh

Guru SMA/SMK Se-Aceh Ikut TOT Modul Pembinaan Syariat

BANDA ACEH – Ratusan guru SMA/SMK se-Aceh ikut traning of trainer (TOT) modul pembinaan syariat Islam di Hotel Grand Aceh, Banda Aceh, 3-4 April 2017. Acara diadakan Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh ini dibuka Sekretaris DSI Aceh, Drs Darjalil.

Darjalil dalam sambutannya saat membuka acara ini antara lain mengatakan mengatakan kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari MoU antara tiga instansi, yaitu DSI Aceh, Dinas Pendidikan Aceh, dan Kanwil Kemenag Aceh. Ia menyebutkan kegiatan serupa sudah rutin dilaksanakan sejak 2015. “Kali ini merupakan pelaksanaan yang ketiga kalinya,” ujar Darjalil.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan itu dilatarbelakangi oleh kebutuhan yang mendesak dari para guru SMA sederajat, serta dorongan sejumlah pihak agar guru diberi pemahaman dan pengetahuan tentang syariat Islam. Sehingga ke depan mereka dapat menyampaikan pengetahuannya tentang syariat Islam kepada guru. Terutama pada pelaksanaan masa orientasi siswa (MOS), yang diikuti oleh siswa baru sekolah.

Sementara Ketua Panitia, sekaligus Kabid Penyuluhan Agama Islam dan Tenaga Dai, Nizami Taufik menjelaskan pelatihan itu diikuti oleh 105 guru yang dibagi dalam tiga angkatan. Setiap angkatan pelatihan diikuti oleh 35 orang guru selama empat hari.

Ia menyebutkan, angkatan pertama diikuti oleh mereka yang berasal dari Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh tamiang, dan Subulussalam. Sedangkan tahap selanjutnya diikuti oleh daerah lainnya.

“Dengan pelatihan ini, tujuannya agar guru menerapkan syariat Islam dan Akhlakul Karimah di sekolah, serta memotivasi guru menjadi teladan bagi siswa-siswinya dan masyarakat,” ujar Nizami Taufik.

Pelatihan itu menghadirkan delapan pemateri yaitu dari kalangan ahli atau akademisi, Prof Dr Syahrizal Abbas, Dr Salami Mahmud, Achmad Ghozin MPd, Dr M Duskri, Dr Ali Abu Bakar, Khairuzi MPd. Sedangkan dari dinas terkait terdapat Abdul Rani MA dan Nizami Taufik SSos. (mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help