Pilkada 2017

KIP Nagan Tetapkan Jamin Idham Bupati Terpilih

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Nagan Raya, Rabu (5/4) menetapkan pasangan HM Jamin Idham

KIP Nagan Tetapkan Jamin Idham Bupati Terpilih

SUKA MAKMUE - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Nagan Raya, Rabu (5/4) menetapkan pasangan HM Jamin Idham dan Chalidin sebagai bupati dan wakil bupati terpilih. Penetapan tersebut disampaikan dalam rapat pleno yang berlangsung di Aula Gedung SKB Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

Rapat dipimpin oleh Ketua KIP Nagan Raya Muhammad Yasin didampingi sejumlah komisioner. “Penetapan bupati dan wakil bupati terpilih ini dikarenakan pasangan HM Jamin Idham-Chalidin telah memenangkan Pilkada sebagai bupati dan wakil bupati terpilih Periode 2017-2022,” ujar M Yasin.

Sesuai dengan SK Nomor: 77/BA/KIP-NR/2017 terkait hasil Pilkada 2017 lalu, HM Jamin Idham-Chalidin mendapatkan perolehan suara terbanyak, yakni 44.356 suara atau sebanyak 45,86 persen.

Muhammad Yasin menjelaskan, rapat pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih ini dilakukan menyusul telah keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan sengketa pilkada yang diajukan salah satu pasangan calon. MK dalam putusannya menolak permohonan gugatan sengketa tersebut.

Terkait hal itu, calon bupati terpilih, HM Jamin Idham, didampingi wakilnya Chalidin, kepada Serambi menyampaikan bahwa kemenangan yang mereka raih adalah kemenangan masyarakat di Nagan Raya.

Ia berjanji akan merangkul semua pihak, termasuk pasangan calon lain, serta seluruh masyarakat Nagan Raya. “Masyarakat Nagan Raya harus bersatu dan tidak boleh terpecah belah. Pilkada telah usai, mari kita rayakan kemenangan ini dengan hati bersih,” kata Jamin Idham.

Sementara itu, KIP Aceh Timur menjadwalkan penetapan bupati dan wakil bupati terpilih pada Kamis (6/4) hari ini, di Gedung Serbaguna Idi Rayeuk, sekitar pukul 14.00 WIB.

Ketua KIP Aceh Timur, Iskandar A Gani, mengatakan, penetapan tersebut dilakukan setelah keluarnya putusan MK. “Jadi penetapan pasangan calon terpilih paling lambat tiga hari setelah penetapan putusan dismissal ataupun putusan MK dibacakan. Karena itu, KIP Aceh Timur mengambil hari ketiga, Kamis (6/4), untuk penetapannya sejak keputusan MK ditetapkan Senin 3 April 2017,” ucap Iskandar.

KIP Aceh Barat Daya (Abdya) juga akan melakukan rapat pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih pada Kamis (6/4) hari ini, yang bertempat di Gedung DPRK. Seluruh pasangan calon diundang hadir, termasuk seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten (Forkopimkab) dan pihak terkait lainnya.

Ketua KIP Abdya, Elfiza SH MH, menyampaikan, rapat pleno terbuka dilaksanakan sekitar pukul 9.00 WIB. “Undangan sudah diedarkan. Seluruh paslon (9 paslon) kita undang,” katanya.(edi/c49/nun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved