New Agya Diluncurkan

Empat tahun setelah meluncur, Low Cost Green Car (LCGC) Toyota Agya mendapat penyegaran desain

New Agya Diluncurkan
PRESDIR PT Toyota Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata (kiri) bersama Wakil Presdir Henry Tanoto (kanan) dan Executive Chief Engineer New Agya Nobuhiko Oono, mengacungkan jempol pada peluncuran Toyota New Agya, di Jakarta, Jumat (7/4). 

* Sudah Ada yang 1.200 CC

JAKARTA - Empat tahun setelah meluncur, Low Cost Green Car (LCGC) Toyota Agya mendapat penyegaran desain. Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan New Agya dengan tambahan teknologi pada mesin lama 1.0L plus varian mesin 1.2L atau 1.200 CC di Jakarta, (7/4).

New Agya kini menggunakan mesin 1.0L yang sudah dilengkapi teknologi VVT-i (Variable Valve Timing - inteligent). Teknologi itu menghasilkan tenaga lebih besar, 67 PS, mesin lama punya tenaga 65,3 PS.

Mesin baru Agya, 1.2L, sama seperti digunakan pada Calya. Mesin ini memakai teknologi dual VVT-i dengan hasil tenaga 88 PS.

Walau pakai dua mesin baru, transmisi tetap sama. Pilihannya manual 5-percepatan dan otomatis konvensional 4-percepatan.

Bukan hanya mesin, karena statusnya facelift ubahan juga merambah pada desain eksterior. Lampu depan kini model proyektor plus LED sebagai pemanis sekaligus tambahan pencahayaan.

Gril juga berubah, bentuknya sekarang trapezoid. Di belakang, lampu dibuat berbentuk “L”, meneruskan identitas yang sudah dipakai Avanza dan Calya.

Di kabin, perubahan terjadi pada jok yang sekarang berbentuk semi-bucket. Sistem audio juga dimaksimalkan, headunit 2 DIN yang sudah tersedia pada model lama kini dilengkapi dengan konektivitas bluetooth. Selain itu di setir ada tombol pengaturan audio.

Buat semua tipe, Agya terbaru sekarang punya immobilizer, sabuk pengaman tiga titik untuk penumpang tengah di jok belakang, anti-lock braking system (ABS) khusus varian 1.2L, dan sensor parkir (varian G dan TRD).

“Kami bersyukur Agya telah diterima dengan baik. Sejak pertama kali meluncur sudah terjual sebanyak 197.310 unit. Tahun lalu Agya berhasil mempertahankan pangsa pasar lebih dari 30 persen. Kini tampilan Agya baru buat memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama generasi muda,” ujar Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto saat peluncuran.

Sementara itu, Daihatsu Ayla juga mendapat penyegaran signifikan. Mobil yang masuk kategori irit-ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) ini juga mendapat penambahan varian mesin baru 1.200 cc, menjadikan tipe yang dijual menjadi 16 pilihan.

Ayla paling murah kini sudah menyentuh Rp 90 jutaan yaitu tipe D bermesin 1.000 cc. Total untuk varian mesin 1.0L (1.000 cc) terdapat 10 tipe, sedangan tipe bermesin 1.2L (1.200 cc) tersedia enam pilihan.

Khusus varian dengan mesin 1.200 cc, mobil murah andalan Daihatsu ini masing-masing tipe sudah dilengkapi dengan transmisi otomatis (matic). Sedangan tipe D bermesin 1.000 cc, hanya dijual dengan tipe transmisi manual.

Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk-Daihatsu Head Office Supranoto mengatakan, seluruh model sudah tersedia di 230 jaringan Daihatsu di Indonesia. “Konsumen sudah bisa melakukan pemesanan per hari ini,” katanya, Jumat (7/4). (tribunnews.com)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help