SerambiIndonesia/
Home »

Opini

KUPI BEUNGOH

Peran Keluarga Dalam Mendidik Anak

peran keluarga dalam pendidikan anak sangatlah besar, keluarga merupakan unsur terkecil dalam sebuah masyarakat, dari lingkungan keluargalah anak tumb

Peran Keluarga Dalam Mendidik Anak
Muhammad Reza 

BENAR sekali Pendidikan adalah mata uang yang berlaku di setiap masa dan segala tempat. Ini adalah kata yang paling tepat digunakan untuk mendeskripsikan fungsi dan peran pendidikan dan kalimat ini pula dapat diartikan bahwa pendidikan adalah modal utama yang harus dimiliki oleh setiap individu yang hidup agar dapat bertahan menghadapi kemajuan zaman.

Zaman yang menuntut diri untuk bisa menguasai informasi dan teknologi yang selalu berpacu dalam mengalami perubahan setiap masa juga setiap individu pastinya, ingin mendapat pendidikan yang layak, sejahtera, dan cemerlang dikemudian hari, sebagai tolak ukur untuk menyaingi dunia era globalisasi sekarang ini yang menuntut segalanya serba cepat, instan, dan mudah.

Berbicara mengenai pendidikan dewasa ini, lingkunagan keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama, karena dalam keluarga inilah setiap individu atau seorang anak pertama-tama mendapatkan pendidikan dan bimbingan.

Dikatakan lingkungan yang utama, karena sebagian besar dari kehidupan individu atau anak adalah di dalam keluarga, sehingga pendidikan yang paling banyak diterima oleh individu atau anak adalah dalam keluarga dan keluarga juga sebagai peletak pengetahuan dasar dari etika dan norma terhadap dirinya.

Entah karena peran teknologi yang semakin maju, atau tingkat pendidikan orang tua zaman sekarang yang lebih tinggi faktanya, orang tua zaman sekarang semakin menyadari pentingnya peran mereka dalam pendidikan anak.

Sejumlah upaya dilakukan orang tua untuk mendukung pendidikan anak-anaknya. Misalnya, dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di rumah, penerapan waktu khusus belajar bagi anak dan melakukan pendampingan saat anak belajar, bahkan tak sedikit pula orang tua yang mengalokasikan anggaran khusus untuk les tambahan yang diharapkan bisa meningkatkan prestasi anak di sekolah. Apapun upaya yang dilakukan itikadnya satu, yaitu peduli pada pendidikan anak.

Peran orang tua (ibu dan ayah) sebagai pendidik utama di keluarga pun diklaim harus saling bekerja sama untuk mendidik anaknya. Bagi  seorang ayah yang mempunyai kelebihan ilmu dan keterampilan mendidik, harus mengajarkan kepada istrinya dan begitu pula sebaliknya.

Dengan demikian antara ayah dan ibu saling menutupi kelemahannya masing-masing adapun, Peran utama dari keluarga bagi pendidikan anak adalah sebagai peletak dasar bagi pendidikan akhlak dan pandangan hidup keagamaan.

Sifat dan tabiat anak sebagian besar diambil dari kedua orang tuanya dan dari anggota keluraga yang lainnya. Di samping itu keluarga merupakan tempat belajar bagi anak dalam segala sikap untuk berbakti kepada Tuhan sebagai perwujudan nilai hidup yang tertinggi.

Dengan demikian jelaslah bahwa orang yang pertama dan utama bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup dan pendidikan anak adalah orang tua dalam sebuah keluarga

Halaman
123
Editor: ariframdan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help