SerambiIndonesia/

Cara Menjaga Foto Tetap Bagus Ketika Diunggah ke Facebook

Setiap kali sebuah foto di-upload, Facebook akan mengompres ukuran file foto tersebut menjadi lebih kecil dari aslinya.

Cara Menjaga Foto Tetap Bagus Ketika Diunggah ke Facebook
net
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Adakalanya foto-foto bagus yang sudah Anda siapkan justru berubah menjadi jelek dan low res setelah selesai diunggah keFacebook. Ada alasan khusus yang membuat hal itu terjadi.

Setiap kali sebuah foto di-upload, Facebook akan mengompres ukuran file foto tersebut menjadi lebih kecil dari aslinya. Tujuannya supaya bisa menghemat ruang penyimpanan di server mereka.

Sebenarnya kebijakan Facebook untuk mengompres seperti itu wajar saja, mengingat ada sekitar 350 juta foto yang diunggah setiap hari. Namun ketika mengambil foto yang berasal dari internet lalu mengunggahnya, kebijakan itu bisa menjadi masalah.

Foto yang diambil dari internet atau di-reshared oleh orang-orang biasanya sudah melalui proses kompresi lain. Mengunggahnya ke dalam Facebook justru memperparah kompresi tersebut.

Anda memang tidak bisa menghapus kebijakan kompresi milikFacebook. Tapi bila ingin foto-foto yang di-upload tetap bagus, bisa mencoba trik yang dihimpun KompasTekno, Sabtu (15/4/2017) di bawah ini.

1. 2.048 Piksel

Bila ingin upload ulang foto atau gambar yang berasal dari internet, pastikan ukurannya 2.048 piksel dan masih terlihat bagus. Panduan penggunaan Facebook menulis bahwa ukuran tersebut ideal untuk foto beresolusi tinggi.

Memang foto yang di-upload akan tetap melalui proses kompresi. Tapi jika di-upload dalam resolusi lebih tinggi, efeknya tidak akan terlalu buruk. Minimal masih ada yang bisa terlihat jelas di sana.

2. Pilih Album "High Quality"

Facebook menyediakan pilihan high quality untuk membuat foto yang di-upload tetap bagus. Untuk menyalakan opsi ini, pilihlah opsi "Create Album", masukan foto dan centang opsi "High Quality" yang ada di sisi kiri bawah boks upload.

"Create Album" ()
Halaman
12
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help