SerambiIndonesia/

Psikolog Ungkap 5 Pertimbangan Wajib untuk Menikah

Anna Dauhan SPsi, M.Sc., seorang psikolog sekaligus penulis Buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan,

Psikolog Ungkap 5 Pertimbangan Wajib untuk Menikah
shutterstock
KAWIN 

SERAMBINEWS.COM - Pernikahan bukanlah perkara mudah. Sebab, calon pasangan suami istri wajib melakukan banyak persiapan agar pernikahan sukses.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menanyakan terlebih dahulu kepada diri sendiri, apakah Anda sudah benar-benar yakin untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan?

Anna Dauhan SPsi, M.Sc., seorang psikolog sekaligus penulis Buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan, menjelaskan bahwa ada beberapa faktor penting yang harus dilakukan untuk memutuskan apakah Anda siap menuju ke jenjang berikutnya bersama pasangan.

“Sebelum mempersiapkan pernikahan, tentu masing-masing individu harus mengevaluasi diri mereka masing-masing,” ujar Anna dalam peluncuran Buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan di Jakarta, Kamis (13/4/2017).

Dia melanjutkan, evaluasi diri ini berarti Anda dapat memahami diri sendiri sehingga dapat mengenal perasaan dan persepsi diri, serta mengetahui harapan terhadap sebuah hubungan untuk dikomunikasikan terhadap pasangan.

Setelah Anda mampu memahami diri sendiri, maka langkah berikutnya adalah melihat kesesuaian visi dan misi antara Anda dan pasangan.

“Anda bisa melihat juga dari rencana kehidupan di masa depan, latar belakang keluarga, apakah pasangan cocok dengan keluarga atau pun sebaliknya,” ucapnya.

Pastikan bahwa Anda telah membahas secara lengkap rencana kehidupan di masa depan bersama pasangan, termasuk karier, studi, dan finansial.

Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help