Puskesmas Agara Dibangun Asal Jadi

Pembangunan sejumlah Puskesmas di Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) pada 2016 dinilai asal jadi

Puskesmas Agara Dibangun Asal Jadi
SERAMBI /ASNAWI
Inilah Salah satu Puskesmas Semadam, Aceh Tenggara, yang plafonnya bocor, Senin (17/4).SERAMBI /ASNAWI 

KUTACANE - Pembangunan sejumlah Puskesmas di Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) pada 2016 dinilai asal jadi. Bagaimana tidak, belum berumur satu tahun, plafon mulai bocor, bahkan jatuh, selain kaca jendela tipis dan cat dinding tidak berkualitas, karena sebagian sudah terkelupas.

Ketua LSM Gerakan Aceh Tenggara Bersih (GEtAB), Kasri Selian, kepada Serambi, Senin (17/4) mengatakan berdasarkan investigasi di lapangan, kualitas bangunan Puskesmas tergolong rendah. Dikatakan, Puskesmas yang sempat diinvestitasi yakni Puskesmas Bukit Tusam, Semadam, Pordomuan dan Darul Hasanah.

Disebutkan, lantai dasar Puskesmas lebih rendah dari jalan, sehingga sempat terendam banjir, karena tidak ditimbun lagi agar lebih tinggi dari badan jalan. Kasri menduga masalah pengadaan tanah juga perlu dipertanyakan, karena tidak sesuai dengan nilai jual objek pajak (NJOP).

Sedangkan Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Tenggara, Alpansyah, mengatakan masalah plafon bocor telah diperbaiki, sedangkan kaca memang tipis dan bahan cat sesuai dengan rencana anggaran bangunan (RAB). Dia mengakui, lantas dasar Puskesmas tidak ditimbun, sehingga lebih dari jalan dan hal itu sesuai dengan RAB.

Salah seorang warga Semadam Asal mengatakan dinding Puskesmas sudah retak-retak, bahkan ada plafon yang jatuh dan berlubang. Ditambahkan, cat pagar juga mulai terkelupas, selain parit di sekitar Puskesmas tidak dibangun, sehingga rawan terendam banjir.(as)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved