Home »

Bisnis

» Mikro

BRI Tingkatkan KUR Perajin Kain Kasab

Sebanyak 100 pimpinan BRI se-Aceh terdiri atas manajer bisnis mikro (MBM), asisten manajer bisnis mikro (AMBM)

BRI Tingkatkan KUR Perajin Kain Kasab
CONTOH kain kasab Aceh diperlihatkan dalam seminar sehari profil bisnis mikro usaha kerajinan kain kasab dan usaha penggilingan padi keliling di Hotel Grand Aceh Syariah, Banda Aceh, Kamis (20/4). 

* Juga Pemilik Usaha Penggilingan Padi Keliling

BANDA ACEH - Sebanyak 100 pimpinan BRI se-Aceh terdiri atas manajer bisnis mikro (MBM), asisten manajer bisnis mikro (AMBM), kepala unit, para mantri atau bagian marketing unit BRI mendengar aspirasi perajin kain kasab dan pebisnis usaha penggilingan padi keliling. Acara ini berlangsung dalam seminar sehari profil bisnis mikro usaha kerajinan kain kasab dan usaha penggilingan padi keliling di Hotel Grand Aceh Syariah, Banda Aceh, Kamis (20/4).

Acara ini diadakan Regional Campus BRI Medan bekerja sama Kanwil BRI Aceh. Adapun dua pelaku usaha yang dihadirkan untuk didengar aspirasi dan profil usahanya adalah M Yusuf, pemilik penggilingan padi keliling dari Gampong Reuloh, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar dan Rahmanita, perajin kain kasab di Gampong Jawa, Banda Aceh.

Deputy CLO BRI, Ruby Tjahjana S kepada Serambi di sela-sela acara ini menyebutkan ada 259 unit usaha mikro yang dimodali pembiayaan (kredit) oleh BRI, termasuk dua di antaranya kerajinan kain kasab dan penggilingan padi keliling yang sudah banyak di Aceh.

“Nah, seminar ini kami lakukan untuk meningkatkan pengetahuan petugas kami di seluruh Aceh tentang profil kedua usaha itu. Tujuannya agar mereka semakin meningkatkan kinerjanya dalam menyalurkan pembiayaan di sektor ini secara tepat sasaran,” kata Ruby didampingi Dean Micro Banking Akademi BRI, Bagyo Mujiharjo dan Head of Regional Campus Medan, Joko Basuki Rahmad.

Ditanya berapa total nilai kredit yang akan dipinjamkan BRI untuk pemilik usaha penggilingan padi keliling di Aceh dan perajin kain kasab, Ruby tak menyebut secara rinci karena menurutnya seminar kemarin bukan soal itu.

Begitu pun, secara umum ia menjelaskan untuk memperoleh KUR Mikro di BRI sangat mudah. “Debitur cukup mengajukan permohonan dan melampirkan foto copy KTP, KK, dan surat keterangan usaha yang dikeluarkan Ketua RT/keuchik dan permohonan. Besar kredit yang harus dicicil untuk KUR Mikro sembilan persen per tahun dan 1-1,2 persen per bulan untuk KUPEDES,” sebutnya.

Untuk pinjaman KUPEDES maksimal Rp 25 juta bisa dilakukan di Kantor Teras atau Unit BRI yang ada di setiap kecamatan, bahkan ada yang lebih dari satu. Informasi diperoleh Serambi dari sumber lainnya beda KUPEDES dan KUR adalah KUR merupakan program kredit dari pemerintah dengan subsidi bunga. Penyalurannya melalui perbankan rekanan seperti BRI, Mandiri, BNI, dan lain sebagainya. Sedangkan KUPEDES merupakan program kredit yang dikeluarkan BRI tanpa adanya subsidi dari pemerintah. (sal)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help