SerambiIndonesia/

Prodi PBL FTK UIN Ar-Raniry  Adakan Seminar Nasional BIOTIK  

tujuan seminar ini untuk meningkatkan dan menyadarkan kepedulian semua lapisan masyarakat dan insan akademik akan pentingnya pendidikan sains islami,

Prodi PBL FTK UIN Ar-Raniry  Adakan Seminar Nasional BIOTIK   
IST
Prodi PBL FTK UIN Ar-Raniry Adakan Seminar Nasional BIOTIK 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Program Studi Pendidikan Biologi (PBL) Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh bekerjasama dengan Alumni dan lembaga yang peduli akan kondisi pendidikan di Aceh mengadakan suatu event besar yang menjadi agenda kerja tahunan yaitu “Seminar Nasional BIOTIK 2017”.

Seminar ini akan diikuti oleh dosen, guru, alumni, aktifis peduli lingkungan, mahasiswa, LSM, peneliti dan masyarakat umum, yang akan dilangsungkan pada tanggal 3 Mei 2017 bertempat di UIN Ar-Raniry.

Ketua panitia penyeleggara kegiatan ini, Eva Nauli Taib mengatakan, bahwa tujuan seminar ini untuk meningkatkan dan menyadarkan kepedulian semua lapisan masyarakat dan insan akademik akan pentingnya pendidikan sains islami, untuk menghasilkan generasi yang berkarakter yang sedang hangat diperbincangkan  dalam dunia pendidikan.

"Bagi peminat untuk ikut seminar ini dapat mengirimkan artikelnya kepada kami" ucapnya.

Sekretaris prodi PBL, Elita Agustina menyebutkan, bahwa kegiatan tersebut sangat penting diakan untuk menyikapi Ilmu pengetahuan dan pendidikan berbasis sains yang belakangan ini mulai terintegrasi dengan penemuan-penemuan yang berlandaskan Al-Quran.

Menurutnya, banyak penelitian-penelitian yang menjadikan Al-Quran sebagai referensi utama para peneliti dalam risetnya, khususnya di Indonesia. Karena Indonesia sebagai salah satu negara dengan biodiversitas yang tinggi.

"Kekayaan sumber daya alam hayati (SDAH) ini merupakan anugerah sekaligus amanah dari Allah swt. Potensi yang besar tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan" sebutnya.

Salah satu pemanfaatan tersebut, katanya adalah dalam bidang etnobiologi. Interaksi yang dikaji dalam etnobiologi merupakan interaksi baik pemanfaatan, pengelolaan maupun upaya pelestarian flora dan fauna yang dilakukan masyarakat sesuai dengan kearifan lokal Aceh.­­

“Eksploitasi banyak sekali terjadi di Indonesia khususnya di Aceh yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab, baik disengaja atau tidak, ini dapat menimbulkan kerusakan alam dan kerugian negara dalam jumlah yang sangat besar, sehingga sangat diperlukan upaya untuk menanggulangi hal tersebut salah satunya adalah dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya keberadaan flora dan fauna di lingkungan sekitar” Lanjut Elita Agustina.

Salah seorang dosen pada Fakultas Tarbiah dan keguruan UIN Ar-Raniry, Lailatussaadah menambahkan, bahwa kegiatan seminar berkala seperti ini sangat penting, bukan hanya untuk pengembangan kompetensi profesional dosen, alumni terlebih yang sudah menjadi guru dan juga mahasiswa sendiri, namun dapat meningkatkan kesadaran semua pihak dalam melestarikan flora dan fauna yang ada di Aceh.

"Saya pikir kegiatan seperti ini patut diberi support besar”, ujar Lailatussaadah.

Penulis: faisal
Editor: faisal
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help