SerambiIndonesia/

Wow! Empat Kota di Belanda Ini Punya Nama Jalan Kartini

Di Harleem, nama pahlawan Indonesia banyak yang dijadikan sebagai nama jalan. Selain Raden Adjeng, nama Sutan Sjahrir

Wow! Empat Kota di Belanda Ini Punya Nama Jalan Kartini
google.com

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH -  Salah satu tokoh emansipasi wanita Indonesia, RA Kartini memang harum namanya. Buktinya, tidak hanya di tanah air, Kartini juga dihormati di Belanda. Bahkan nama perempuan asal jepara ini dijadikan sebagai nama jalan di beberapa kota di negara kincir angin tersebut.

Jl Kartini di Harleem

Di Harleem, nama pahlawan Indonesia banyak yang dijadikan sebagai nama jalan. Selain Raden Adjeng, nama Sutan Sjahrir dan Muhammad Hatta juga dijadikan sebagai nama jalan di sana.

Jalan Kartini di haarlem juga sangat dekat posisinya  dengan jalan Chris Soumokil, presiden Republik Maluku Selatan kedua.

Jalan R.A Kartinistraat di Utrecht

Kartini Boulevard ini merupakan salah satu jalan utama berbentuk ‘U’. 

Selain nama Kartini, di Utrecht juga ada nama pahlawan lain seperti alan Kartini sendiri Che Guevara, Augusto Sandino, Steve Biko, dan Agostinho Neto.

Jalan R.A Kartinistraat di Amsterdam

Nama Raden Adjeng Kartini juga digunakan sebagai nama jalan di ibukota Belanda, Amsterdam.

R.A Kartinistraat terletak di kawasan Zuidoost atau lebih dikenal dengan sebutan Bijlmer. Di sekitar Jalan R.A Kartinistraat berjejer pula nama-nama tokoh wanita lain yang terkenal di dunia seperti Nilda Pinto, salah satu tokoh wanita dari belanda.

Jalan R.A Kartinistraat di Venlo

Di Venlo, Belanda Selatan, jalan R.A Katinistraat berbentuk ‘O’. Di sekitarnya, terdapat pula jalan-jalan lain yang dinamai dengan tokoh-tokoh wanita dunia yang juga tercatat dalam sejarah, seperti Anne Frank, dan Mathilde Wibaut.  

Penulis: Fatimah
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help