SerambiIndonesia/

Tafakur

Dosa Menghasut

Ada tiga macam orang yang terkena laknat Allah SWT, yaitu seorang ang membenci kedua ibu bapaknya, seseorang

Dosa Menghasut

Oleh Jarjani Usman

“Ada tiga macam orang yang terkena laknat Allah SWT, yaitu seorang ang membenci kedua ibu bapaknya, seseorang yang berusaha menceraikan sepasang suami isteri, kemudian setelah isteri tersebut dicerai ia menggantikannya sebagai suaminya dan seseorang yang berusaha agar orang-orang mukmin saling membenci dan saling mendengki antara sesamanya dengan hasutan-hasutannya” (HR. Ad Dailami).

Tingginya persaingan sesama insan, terutama dalam dunia politik, membuat sebahagian orang memilih jalan-jalan keji untuk meraih kemenangan. Antara lain dengan cara menghasut, tak peduli dampak buruknya bagi diri sendiri dan orang lain.

Apalagi menghasut semakin mudah di masa sekarang, seperti dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dalam waktu sekejap, suatu hasutan bisa menyebar ke ribuan atau bahkan jutaan orang. Bahkan, setiap pembacanya bisa menyebarkan hasutan itu ke ribuan orang lain. Luar biasa jauh jangkauannya.

Namun akan berbeda bagi orang yang bertaqwa, sebelum berniat untuk menghasut akan memilih untuk memikirkan dosa-dosa dari perbuatan tersebut yang berlapis-lapis dan mengerikan. Mungkin kemenangan bisa diraih dan dinikmati sejenak, tetapi dosa dengan sesama manusia tak akan terhapus sebelum orang tersebut memaafkannya.

Tetapi dalam kenyataannya, sungguh hampir tak pernah ditemui orang-orang yang pernah menebar hasutan mau meminta maaf. Akibatnya, dosa dengan banyak orang terbiarkan dan dibawa ke akhirat kelak.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help